Breaking News:

Tak Hanya Sendang Kuno, Terdapat Terowongan Bawah Tanah Sepanjang 50 Meter di Kantor Arpus Klaten

Kompleks kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Klaten  memiliki segudang peninggalan objek diduga cagar budaya (ODCB).

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Almurfi Syofyan
Seorang pegawai Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten saat menunjukan lokasi terowongan bawah tanah berada, Senin (15/11/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Kompleks kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Klaten  memiliki segudang peninggalan objek diduga cagar budaya (ODCB).

Selain sendang kuno peninggalan Keraton Surakarta, di bawah tanah kantor itu terdapat sebuah terowongan yang menghubungkan kantor itu ke sungai kanjengan yang berada tidak jauh dari kantor itu berada.

Pantauan TribunJogja.com di kantor yang berada di Kampung Kanjengan Kelurahan Bareng, Kecamatan Klaten Tengah itu, terowongan tersebut terbuat dari batu bata berukuran besar yang disusun secara melengkung di bawah tanah.

Baca juga: Siaran Langsung Timnas Indonesia vs Afghanistan, Prediksi Laga Skuat Garuda dan Link Live Streaming

Tinggi dari terowongan itu sekitar 2 meter dengan lebar 1,5 meter.

Alur terowongan bawah tanah itu berada persis di samping sendang kuno yang ada lantai satu gedung Arsip dan Perpustakaan Klaten.

"Iya selain sendang di bawah tanah kantor ini juga ada terowongan yang terhubung ke sungai," ujar Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten, Syahruna saat TribunJogja.com temui di kantornya Senin (16/11/2021).

Menurutnya, saat melakukan renovasi gedung kantor beberapa tahun lalu terowongan bawah tanah itu masih dipertahankan.

"Dulu waktu renovasi kantor ini terowongan itu tidak saya bongkar, saya pasangi tiang-tiang untuk melindungi terowongan itu," jelasnya.

Waktu itu, kata Syahruna, pekerja proyek renovasi kantor tersebut sempat masuk dan menelusuri terowongan bawah tanah tersebut.

Pekerja itu, bisa berjalan normal di dalam terowongan karena terowongan cukup tinggi dan lebar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved