Breaking News:

Tanamkan Nasonalisme, SMP Negeri 2 Yogyakarta Ajak Siswa Ziarah ke TMP Kusumanegara

Kegiatan ini dalam rangka pembentukan nilai nasionalisme siswa dan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan negara

ist
Tanamkan Nasonalisme, SMP Negeri 2 Yogyakarta Ajak Siswa Ziarah ke TMP Kusumanegara 

TRIBUNJOGJA.COM - Menjelang hari Pahlawan Nasional yang diperingati 10 November, SMP Negeri 2 Yogyakarta mengajak para siswa berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusumanegara, Yogyakarta Selasa (9/11/2021) pagi.

Dalam kegiatan ziarah ini diikuti oleh semua guru dan 224 siswa. Kegiatan ini dalam rangka pembentukan nilai nasionalisme siswa dan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan negara.

Sebelum ziarah ke TMP Kusumanegara siswa-siswi diwajibkan untuk literasi perjuangan Jendral Soedirman dalam mempertahankan Indonesia dan para walikelas berkisah terkait serangan Kotabaru yang terjadi pada tahun 7 Oktober 1945, yang akhirnya pertempuran dimenangkan oleh para pejuang Yogyakarta.

Sehingga siswa-siswi sudah mengenal lebih jauh bagaimana perjuangan para pahlawan yang dimakamkan di TMP Kusumanegara.

“Selain memperingati hari Pahlawan, ziarah ke Taman Makam Pahlawan juga meneladani semangat perjuangan para pahlawan dan memanfaatkannya sebagai kegiatan untuk membentuk karakter siswa-siswi. Seperti kedisiplinan, kerja sama, kerja keras, semangat belajar. Nilai-nilai karakter tersebut sudah dicontohkan oleh para pahlawan kita,” kata Widayat Umar, selaku kepala sekolah.

Pelaksanaan kegiatan ziarah ke TMP Kusumanegara dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sebelum masuk, diadakan upacara sederhana di kompleks TMP Kusumegara, melakukan tabur bunga, merenungi jasa dan perjuangan para pahlawan serta mendoakan arwah para pahlawan, sehingga tumbuh rasa nasionalisme pada diri siswa-siswi.

Siswa-siswi sangat antusias mengikuti ziarah ke TMP Kusumanegara, karena masih banyak siswa-siswi yang belum pernah ziarah dan melihat sendiri makam para pahlawan.

Selain itu kegiatan ziarah ke TMP Kusumanegara terlaksana juga atas peran pengurus OSIS Senopati SMP Negeri 2 Yogyakarta membantu dan mengkodisikan siswa-siswi. 

Setelah kegiatan ini, diharapkan siswa-siswi SMP Negeri 2 Yogyakarta melanjutkan semangat perjuangan para pahlawan dengan belajar giat dan memiliki nilai-nilai karakter.

SMP Negeri 2 Yogyakarta merupakan School of Leadership terus berupaya untuk membentuk jiwa dan karakter seorang pemimpin, bertanggung jawab, mandiri, nasionalisme, dan komunikatif dalam diri setiap siswa.

Berziarah ke TMP Kusumanegara baru pertama dan akan menjadi kegiatan rutin setiap tahun dalam rangka membentuk nilai karakter siswa. (rls/adv)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved