Breaking News:

11 Tahun Beroperasi, Gojek Diharapkan Mampu Perluas Jangkauan Layanan ke Lebih Banyak Daerah

Sebagai salah satu perusahaan rintisan digital di Indonesia, Gojek berupaya untuk ikut membangkitkan perekonomian negara di masa pandemi.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
Logo baru Gojek yang diresmikan Senin (22/7/2019) di Jakarta. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebagai salah satu perusahaan rintisan digital di Indonesia, Gojek berupaya untuk ikut membangkitkan perekonomian negara di masa pandemi.

Salah satu caranya adalah menggelontorkan dana Rp 1 Triliun untuk membantu mitra Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan mitra driver agar tetap mendapat pemasukan.

“Kami memahami bahwa kondisi pandemi merupakan masa sulit bagi mitra ekosistem. Maka, kami berusaha menjalankan berbagai inisiatif bantuan kepada mitra sehingga usaha mereka tetap tumbuh,” ujar CEO Gojek, Kevin Aluwi dalam keterangan resmi, Rabu (10/11/2021).

Baca juga: Bank BPD DIY Syariah dan Desa Wono Prima Mandiri Dorong Perempuan Pengusaha Bangkit dari Pandemi

Pengamat Ekonomi, Yan Sulistyo memberikan apresiasi Gojek membantu pemulihan ekonomi nasional melalui berbagai program untuk mitra.

Menurutnya, secara korporasi, Gojek telah menjalankan kewajiban korporasi dengan baik.

Sebab, program yang digelontorkan bisa menyasar kepada mitra di daeerah, termasuk juga kepada konsumen Gojek dengan berbagai potongan harga dan kemudahan.

Yan juga mengapresiasi upaya yang dilakukan Gojek untuk memperkuat ekosistem dan membangun brand awareness Gojek itu sendiri melalui kerja sama dengan pemerintah daerah, universitas-universitas, serta komunitas-komunitas digital di daerah.

Kini Gojek telah 11 tahun beroperasi. Yan menilai, di usia tersebut, secara corporate life cycle Gojek sedang menjalani fase remaja untuk memasuki kedewasaan. Di fase ini, Yan menyarankan Gojek untuk memperluas layanannya ke luar wilayah operasional.

"Menurut pendapat saya, momentum pemulihan ekonomi di masa pandemi ini, Gojek perlu memperluas jangkauan layanan dengan bantuan-bantuan seperti yang telah dilakukan ke daerah-daerah yang mana Gojek belum beroperasional," ujarnya.

Baca juga: Pelajar Gunungkidul Berkreasi dengan Shibori dan Spring Botanical Ecoprint Sebagai Bahan Pakaian

Hal tersebut, lanjut Yan, bertujuan untuk menambah brand building image Gojek sebagai sebagai mitra negara dalam memulihkan ekonomi dan memperkaya brand positioning Gojek sebgai perusahaan global yang berbasis nasional.

"Dengan begitu Gojek mendapatkan posisi top of mind yang kuat, penguasa layanan on-demand di tanah air dan tentunya memberikan value lebih bagi gojek itu sendiri," tandas Yan. (ard)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved