Breaking News:

Penyu Laut Ditemukan Mati di Pantai Sepanjang Gunungkidul

Warga di kawasan Pantai Sepanjang, Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul menemukan bangkai penyu mati pada Minggu (24/10/2021)

Penulis: Alexander Aprita | Editor: Kurniatul Hidayah
Dok SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul
Bangkai penyu laut yang ditemukan di kawasan Pantai Sepanjang, Gunungkidul pada Minggu (24/10/2021) pagi. 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Warga di kawasan Pantai Sepanjang, Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul menemukan bangkai penyu mati pada Minggu (24/10/2021).

Penyu yang hanyut ke tepi pantai tersebut ditemukan dalam kondisi luka.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Surisdiyanto menuturkan penyu yang belum diketahui jenisnya tersebut ditemukan sekitar pukul 05.30 WIB pagi.

Baca juga: Nur Oktavian, Atlet Dancesport Yogyakarta Wakili Indonesia di World Dance Sport Federation Perancis

"Bangkainya ditemukan oleh warga setempat yang sedang berjalan di tepi pantai," kata Suris pada wartawan siang ini.

Menurut keterangan warga tersebut, saat tengah berjalan ia mencium bau menyengat. Saat mencari sumbet baunya, ia menemui benda mencurigakan yang posisinya sudah terdampar di pasir pantai.

Begitu didekati, rupanya benda tersebut adalah seekor penyu yang sudah mati. Warga tersebut pun langsung memanggil warga lain serta petugas SAR yang ada di lokasi.

"Penyu tersebut kemudian kami evakuasi bersama warga," jelas Suris.

Meski tidak diketahui jenisnya, penyuul tersebut memiliki dimensi panjang sekitar 50 centimeter (cm), lebar 30 cm, dan berat sekitar 35 kilogram. Kondisinya pun juga luka di beberapa bagian.

Menurut Suris, luka ditemukan pada bagian kaki dan kepala penyu. Meski demikian, ia mengaku belum bisa memperkirakan kepastian dari penyebab luka-luka tersebut.

"Bangkai penyu kemudian kami kuburkan untuk menghindari bau menyengat yang bisa mengganggu wisatawan," katanya.

Baca juga: Warga Mangunan Bantul Gelar Tradisi Kenduri Merti Wono, Jadi Pengingat untuk Menjaga Hutan

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Marjono mengatakan penemuan penyu mati kerap terjadi selama beberapa tahun terakhir. Kebanyakan ditemukan di Pantai Sepanjang.

Ia juga menyebutkan warga sendiri sudah cukup lama tak lagi menangkap penyu laut. Pasalnya, hewan laut ini kondisinya sudah terbilang langka sehingga perlu dijaga keberadaannya.

"Warga juga sudah disosialisasikan agar tidak menangkap penyu," kata Marjono.

Menurutnya, jika penyu ditemukan dalam kondisi hidup maka akan dikembalikan ke laut. Namun jika ditemukan mati seperti hari ini, bangkainya akan langsung dikuburkan. (alx)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved