Breaking News:

Mahasiswa UNY Ciptakan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Bagi Siswa SD

Lima orang mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality bernama PIN.AR

ist
Mahasiswa UNY Ciptakan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality 

TRIBUNJOGJA.COM - Lima orang mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality bernama PIN.AR.

Kelima mahasiswa bimbingan Ariadie Chandra Nugraha, ST., MT. ini adalah Kemal Hakim Bachmid prodi Pendidikan Teknik Mekatronika, Khasanah Rahmawati prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Nadila Putri prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Kemudian Alifah Raihan Nur Hasanah prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Faishal Aziz Rahmat prodi Pendidikan Teknik Mekatronika.

Aplikasi PIN.AR dengan software unity 3D serta desain user interface menggunakan Adobe XD.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang mudah digunakan oleh siswa dengan visualisasi gambar 3D dan video pembelajaran yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

Pengembangan media pembelajaran berbentuk aplikasi PIN.AR yang dilakukan oleh lima mahasiswa UNY ini terjadi bukanlah tanpa alasan.

Mahasiswa UNY Ciptakan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality
Mahasiswa UNY Ciptakan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (ist)

Pandemi yang melanda dunia membuat perubahan di berbagai bidang kehidupan, tak terkecuali di
bidang pendidikan.

Proses pendidikan yang sebelumnya diselenggarakan secara luring, kini terpaksa harus dilakukan secara daring. Hal itu menyebabkan guru dan siswa tidak dapat bertemu secara langsung.

Sangat minimnya interaksi guru dan siswa mengakibatkan berkurangnya minat perhatian serta kejenuhan siswa terhadap pembelajaran.

Hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran daring memengaruhi berjalannya proses pendidikan.

Ketercapaian tujuan kurikulum serta tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan, membuat guru bergerak untuk dapat mengatasi dan meminimalisir hambatan tersebut.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved