Breaking News:

Pertamina: Stok Solar Ada, Hiswana: Pembatasan Kuota, Organda: Capek Ngomong ke Pemerintah

Menyusutnya stok Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Bio Solar mendapatkan respon dari berbagai kalangan termasuk Pertamina Patra Niaga, Hiswana Migas, Org

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Iwan Al Khasni
Tribun Jogja/Nanda Sagita Ginting
Kendaraan bus dan truk mengantre mengisi solar di SPBU Baledono, Salam, Kabupaten Magelang, Minggu (17/10/2021). 

Tribunjogja.com Yogyakarta -- Menyusutnya stok Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Bio Solar mendapatkan respon dari berbagai kalangan termasuk Pertamina Patra Niaga, Hiswana Migas, Organda hingga Sopir.

Himpunan Pengusaha Swasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) penyusutan stok itu disebut satu diantara pemicunya karena harga minyak dunia yang meroket.

Ketua Dewan Pertimbangan Himpunan Pengusaha Swasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Siswanto mengatakan pihaknya selaku distributor minyak dan gas ditingkat daerah hanya menjalankan kebijakan dari pemerintah.

"Nah, kebijakan ini memang maksudnya untuk mengurangi subsidi. Tapi akhirnya ada dampak antrean kendaraan yang mencari solar," jelasnya.

Dalam persoalan ini, Siswanto berharap ketersedian BBM jenis solar dapat normal kembali dalam waktu dekat.

"Tentunya dalam hal ini kami berharap solar kembali seperti biasanya. Karena angkutan bus dan pengiriman barang ikut terganggu," terang dia.

Siswanto memperkirakan, kelangkaan BBM jenis solar saat ini akibat harga minyak dunia naik dari rata-rata 50 sampai 60 US dolar per barel, kini naik diangka 90 US dolar per barel.

"Normalnya kan 50 sampai 60 US dolar per barel, sekarang naik 90 US dolar per barel, naiknya gila-gilaan. Itu penyebab solar sekarang langka," jelas Siswanto.

Dari hal itu, kini masing-masing SPBU harus membatasi penjualan BBM jenis solar dengan jumlah maksimal 200 liter kepada supir bus dan truk.

"Kalau pembatasan kuota di daerah variatif, pembelinya pun mereka dibatasi maksimal 200 liter. Kalau kami melanggar itu kami juga didenda," terang dia.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved