Breaking News:

Kota Yogyakarta

Atlet Kota Yogyakarta Mulai Lakukan Tes Kesehatan dan Tes Fisik untuk Persiapan Porda 2022

Hingga Jumat (15/10/2021) lalu, total sudah ada 220 atlet dari berbagai cabang olahraga (cabor) yang telah menjalani tes kesehatan.

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Satu di antara atlet Kota Yogyakarta sedang menjalani tes kesehatan di RS Siloam. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Atlet yang tergabung dalam pemusatan latihan kota (pulatkot) Yogyakarta sudah mulai menjalani tes kesehatan dan tes fisik.

Dengan jumlah 600 orang, tes yang diselenggarakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Yogyakarta merupakan satu upaya untuk mengoptimalisasi program pelatihan menuju ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI DIY 2022 mendatang.

Ketua panitia tes kesehatan dan tes fisik KONI Kota Yogyakarta, Pradopo, Minggu (17/10/2021) kemarin menjelaskan jika untuk tes ini dilaksanakan secara bertahap dimulai sejak 11 Oktober lalu dan akan berakhir pada 28 Oktober mendatang.

Mengingat tes sudah digelar sejak 11 Oktober kemarin, hingga Jumat (15/10/2021) lalu, total sudah ada 220 atlet dari berbagai cabang olahraga (cabor) yang telah menjalani tes kesehatan.

Baca juga: KONI Kota Yogyakarta Majukan Jadwal Musorkot Demi Maksimalkan Atletnya di Porda 2022

Beberapa cabor yang sudah menjalani tes diantaranya, atletik, dayung, senam, basket, yongmodo, taekwondo, tarung derajat, tinju, dan kempo. 

“Sebenarnya untuk atlet yang sudah kami panggil itu total ada 247 dari 17 cabor, tapi memang yang baru datang 220 itu. Yang 27 lainnya masih kami tunggu dan sudah kami panggil lagi untuk segera menjalani tes. Kalau untuk total peserta, sebenarnya mencapai 647 atlet, tapi yang 47 ini ada atlet yang masih ikut PON,” katanya.

Sementara untuk tempat pelaksanaan tes kesehatan dilakukan di RS Siloam Yogyakarta.

Tes yang dilkukan itu antara lain seperti tes darah secara lengkap dan tes EKG untuk mengecek kondisi jantung semua atlet peserta Puslatkot. 

“Tes darah ini meliputi beberapa hal yang dilakukan pengecekan, mulai dari kadar HB hingga kadar gulanya,” tukas ia.

Baca juga: KONI DIY dan Asprov PSSI DIY Bertekad Loloskan Tim Sepak Bola ke PON 2024

Sedangkan untuk tes fisik, pihak KONI Kota Yogyakarta berencana akan menggelarnya di SMPN 1 Yogyakarta.

“Setelah tes kesehatan semua selesai, kami baru akan lanjutkan untuk tes fisiknya. Pelaksanaannya tanggal 30-31 Oktober mendatang. Sebelumnya kami akan gelar rapat pembahasan lanjutannya,” ucapnya.

Ketum KONI Kota Yogyakarta, Aji Karnanto berharap dengan adanya tes ini dapat mengetahui bagaimana rekam medis semua atlet, hal itu nantinya akan berkaitan dengan treatment pelatihan yang akan dilakukan.

“Harapannya dengan tes kesehatan ini kita bisa benar-benar menjaga dan mengetahui kondisi esehatan atlet. Termasuk riwayat medis dan riwayat lainnya, seperti cedera dan penyakit yang pernah dideritanya. Ini menjadi momentum pertama atlet dites kesehatannya sebelum Puslatkot, apalagi tesnya ada tes jantung juga. Bagi atlet, tes jantung ini sangat penting,” ujarnya.( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved