Breaking News:

4 Jenis Makanan yang Bermanfaat Sebagai Obat Alami Batu Ginjal

Bagi Anda yang mengalami batu ginjal, selain obat-obatan dari dokter berikut beberapa makanan yang bisa dikonsumsi bisa jadi obat alami batu ginjal

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
net
ilustrasi ginjal 

Tribunjogja.com - Gangguan kesehatan berupa batu ginjal jangan diabaikan. Jika dibiarkan batu ginjal bisa berbahaya.

Bagi Anda yang mengalami batu ginjal, selain obat-obatan dari dokter berikut beberapa makanan yang bisa dikonsumsi bermanfaat sebagai obat alami batu ginjal.

Batu ginjal bisa terbentuk karena penumpukan banyak hal, seperti oksalat dan fosfor.  Masalah terasa semakin parah saat batu ginjal berada di titik-titik tertentu. Dengan ukurannya yang besar, batu ginjal bisa menghambat sistem dalam tubuh Anda.

Batu ginjal
Batu ginjal ()

Akibatnya, ada banyak gejala batu ginjal yang Anda alami. Mulai dari sakit perut hingga muncul rasa sakit saat buang air kecil.

Nah, di bawah ini, ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya Anda konsumsi.

Baca juga: Mengenal Ragam Gejala Nefropati Diabetik, Kerusakan Fungsi Ginjal Akibat Diabetes

Sebelum mengonsumsinya secara teratur, jangan lupa untuk meminta saran dokter, ya. Dengan begitu, kesehatan tubuh secara menyeluruh dapat terjaga.

1. Buah sitrus

Healthline merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi banyak buah sitrus supaya batu ginjal bisa terobati. Beberapa jenis buah yang termasuk dalam kelompok buah sitrus adalah jeruk nipis, lemon, jeruk bali, dan lain sebagainya.

Kandungan dalam buah sitrus mampu menghambat pembentukan batu ginjal. Tidak berhenti sampai di situ, buah sitrus juga dipenuhi dengan vitamin C yang efektif meningkatkan sistem imun tubuh Anda.

2. Sumber kalsium

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved