Breaking News:

Berita Kesehatan

Ini Alasan Kenapa Sebaiknya Jangan Langsung Minum Kopi Begitu Bangun Tidur

Ada beberapa alasan kenapa sebaiknya Anda menunda minum kopi terlebih dahulu beberapa jam setelah bangun pagi. Berikut uraian selengkapnya

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
Fan Pop
Kopi 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebagian orang mungkin sudah terbiasa dengan minuman kopi begitu bangun tidur di pagi hari. Ini bisa meningkatkan semangat dan membuat badan terasa menjadi lebih bugar. Tapi apakah faktanya memang demikian? Apakah ada efek samping dari kebiasaan tersebut?

Terlepas dari seberapa luas kebiasaan itu, ada beberapa alasan kenapa sebaiknya Anda menunda minum kopi terlebih dahulu beberapa jam setelah bangun pagi.

Hal ini terkait dengan kortisol, hormom stres yang secara alami dilepaskan oleh tubuh Anda setiap pagi, bersama dengan adrenalin.

Hormon memberi Anda energi dan membuat Anda tetap berkonsentrasi dan waspada.

"Kortisol biasanya mulai meningkat sekitar jam 4 pagi, seperti halnya epinefrin (adrenalin), untuk membuat Anda siap menjalani hari," kata ahli bedah kardiotoraks di Pusat Pengobatan Restoratif di Institut Jantung dan Paru Internasional Steven Gundry, MD kepada Huffington Post.

"Keduanya menyebabkan gula darah (glukosa) naik, jadi Anda punya banyak bahan bakar yang tersedia," tambahnya.

Oleh sebab itu, Jika Anda menambahkan energi alami yang Anda dapatkan dari kafein, kedua stimulan tersebut sebenarnya dapat berbenturan dan membuat Anda merasa lebih gelisah dari biasanya.

"Ada beberapa ilmu di balik isolasi kafein dan kortisol puncak sehingga mereka tidak saling berhadapan dan memiliki efek negatif dalam tubuh [seperti kegelisahan]," kata ahli gizi Tracy Lockwood Beckerman kepada Huffington Post.

Ahli diet dan penulis Women's Health Body Clock Diet, Laura Cipullo, mengungkapkan sentimen yang sama di CNBC Make It.

"Pastikan batasi minum kopi saat pertama kali bangun tidur," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved