Breaking News:

Kebonarum Klaten jadi Percontohan Program Satu Kecamatan Tuntas Vaksin

Sebanyak 95,7 persen warga Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten telah menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
Bupati Klaten Sri Mulyani saat meninjau Pelaksanaan satu kecamatan tuntas vaksin di Aula Kecamatan Kebonarum, Rabu (29/9/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sebanyak 95,7 persen warga Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten telah menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

Kecamatan ini pun kemudian dijadikan percontohan atau pilot project bagi kecamatan lainnya, untuk percepatan target vaksinasi di Kabupaten Klaten.

Langkah itu, diambil Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten bersama Polres dan Kodim 0723 Klaten, sebagai  inovasi guna mencapai percepatan herd immunity masyarakat.

Baca juga: PTM Belum Resmi Buka, Bupati Sleman: Mohon Maaf, Sebagian Sekolah Sudah Buka Sendiri 

Pemkab Klaten kemudian meluncurkan Program Satu Kecamatan Tuntas Vaksin, yang diluncurkan di Kecamatan Kebonarum Rabu (29/9/2021), bertempat di Aula Kecamatan setempat.

Sebagai mana diketahui, menurut data Pemerintah Kecamatan Kebonarum, total jumlah penduduknya yang tersebar dari 7 desa mencapai 20.541 jiwa, dengan target vaksinasi sebanyak 14.338 jiwa.

"Dari data yang ada jumlah masyarakat yang sudah mengikuti vaksinasi tahap pertama sebanyak 13.745 jiwa dan vaksinasi tahap kedua baru mencapai 4.505 jiwa," ujar Camat Kebonarum, Mudzakir.

Adapun persentase, masyarakat yang tervaksin hingga saat ini sudah mencapai 95,7 persen. Hingga saat ini masih terdapat 610 jiwa yang belum tervaksinasi, meliputi tidak lolos screening sebanyak 479 jiwa dan menolak untuk divaksin sebanyak 131 jiwa.

Menurutnya, masyarakat yang tidak lolos skrinning karena memiliki riwayat tensi tinggi, sakit jantung, asma, Diabetes Melitus (DM), serta penyintas Covid-19. Sedangkan masyarakat yang menolak vaksin karena memiliki alasan keyakinan maupun belum sadar vaksin.

Sementara itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan Program Satu Kecamatan Tuntas Vaksin merupakan buah pemikiran dari Polres, Kodim dan Pemda Klaten.

Baca juga: Penasehat Hukum Korban Klitih Kotagede Beberkan Sejumlah Kejanggalan Saat Persidangan

"Tentunya ini berkat saran masukan Bapak Kapolres, Bapak Dandim, akhirnya kami dengan tim tenaga kesehatan dengan tiga pilarnya ini, berfikir bagaimana proses percepatan satu kecamatan tuntas vaksin ini bisa terpenuhi," ucapnya.

Menurut Sri Mulyani, capaian vaksinasi di Kecamatan Kebonarum saat ini sudah mencapai 95 persen. Namun Bupati tidak memungkiri bila nantinya capaian tersebut tidak bisa seratus persen karena ada sebagian warga yang secara ketentuan memenuhi syarat, namun tidak bisa mengikuti vaksinasi karena faktor kesehatan.

"Dengan selesainya program vaksinasi ini, (harapannya) masyarakat lebih terjaga imunitasnya, namun tetap harus sesuai protokol covid. Memakai masker menjadi kebutuhan yang harus kita penuhi setiap hari pada saat kita beraktifitas," tandas Mulyani. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved