Breaking News:

Berita Kesehatan

Manfaat Buah Plum : Turunkan Hipertensi dan Gula Darah Hingga Bisa Ringankan Sembelit

Buah plum memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk di antaranya meningkatkan kesehatan jantung, otak, dan tulang.

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
net
Buah Plum 

TRIBUNJOGJA.COM - Buah plum bisa dijadikan pilihan bagi Anda penderita diabetes. Ini lantaran plum mengandung lebih sedikit gula dibandingkan dengan banyak buah lainnya. Selain itu, plum juga memiliki kandungan gizi lengkap antara lain vitamin, mineral, dan serat.

Dengan kandungan nutrisi seperti itu, plum memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk di antaranya meningkatkan kesehatan jantung, otak, dan tulang.

Berikut adalah lima manfaat buah plum yang didukung sains:

1. Kaya akan antioksidan

"Plum adalah pembangkit tenaga antioksidan," kata Abbie Gellman, MS, seorang koki dan ahli gizi terdaftar dalam praktik pribadi sebagaimana dilansir Insider Health.

Plum kuning, varietas umum lainnya, dan plum ungu keduanya menawarkan beberapa jenis antioksidan, termasuk:

  • Vitamin C
  • Tokoferol
  • Beta karoten

Namun, plum merah dan ungu mungkin memiliki manfaat tambahan dari antioksidan kuat lain yang disebut anthocyanin, yang menurut penelitian kecil pada manusia dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mengelola diabetes tipe 2.

2. Mengatur kadar gula darah

Ada banyak alasan mengapa buah plum adalah pilihan yang bagus bagi orang yang ingin menjaga gula darah mereka tetap terkendali. Tercantum di bawah ini adalah empat alasan.

  • Serat : Plum kaya akan serat – satu cangkir irisan buah plum mengandung sekitar 8% RDI – yang dapat membantu memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah.
  • Prebiotik : Serat dalam plum dan plum juga merupakan prebiotik, serat tanaman khusus yang memberi makan bakteri probiotik baik di usus kita, kata Gellman. Memiliki keseimbangan bakteri usus yang tepat juga membantu dalam pengobatan dan pencegahan diabetes tipe-2.
  • Adiponektin : Sebuah studi kecil tahun 2018 menemukan bahwa minum 200 ml jus prem setiap hari selama empat minggu meningkatkan kadar adiponektin, hormon yang membantu mengatur gula darah.
  • Rendah gula : Plum rendah gula (1 cangkir mengandung 16 gram dibandingkan dengan 1 cangkir anggur yang memiliki 23 gram) dan karena itu juga rendah pada indeks glikemik, yang berarti mereka hanya memiliki sedikit efek pada gula darah. Plum memiliki indeks glikemik 39, dibandingkan dengan 52 untuk pisang, 59 untuk nanas, dan 76 untuk semangka.

3. Menurunkan tekanan darah

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved