Breaking News:

Guru Dituntut Kreatif Agar Siswa Tak Cepat Bosan saat Pembelajaran Online

Seorang siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar.

kontan.co.id
Ilustrasi seorang siswa sedang melakukan proses pembelajaran jarak jauh 

*Oleh: Sukardi, S.Kom
Guru Teknik Komputer Jaringan SMK Muhammadiyah 2 Sragen

Sukardi, S.Kom
Guru Teknik Komputer Jaringan SMK Muhammadiyah 2 Sragen
Sukardi, S.Kom Guru Teknik Komputer Jaringan SMK Muhammadiyah 2 Sragen (Istimewa)

AWAL 2020, dunia dilanda serangan virus COVID-19. Penularan COVID-19 sangatlah cepat sehingga Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan COVID-19 ini sebagai pandemi pada 11 Maret 2020.

COVID-19 telah menjadi pademi, sehingga pemerintah di berbagai negara telah menerapkan lockdown atau karantina.

Pengertian karantina menurut UU Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan adalah pembatasan kegiatan dan/atau pemisahan seseorang yang terpapar penyakit menular sebagaimana ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan meskipun belum menunjukkan gejala apapun untuk mencegah kemungkinan penyebaran ke orang di sekitarnya (UU No 6 tahun 2018).

Tak luput dari dampak pandemi tersebut adalah pada sektor pendidikan yang secara otomotis yaitu melaksanakan pembelajaran online.

Pembelajaran online dilakukan dengan memanfaatkan teknologi khususnya internet. Pembelajaran online dilakukan dengan sistem belajar jarak jauh, dimana Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) tidak dilakukan secara tatap muka.

Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun noncetak (audio/video), komputer/internet, siaran radio dan televisi.

Pada pembelajaran online, peserta didik dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan.

Seorang siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar. Oleh karena itu, diperlukan pendorong untuk menggerakkan menggerakan siswa agar semangat belajar sehingga dapat memiliki prestasi belajar.

Pada akhir agustus tahun 2021, kasus COVID-19 semakin melandai dan berkurang diberbagai tempat dan kota di Indonesia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved