Breaking News:

Pemkot Yogya Pastikan Tidak Ada Pelonggaran Jam Malam di Kawasan Malioboro 

Pemkot Yogya Pastikan Tidak Ada Pelonggaran Jam Malam di Kawasan Malioboro 

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Hari Susmayanti
TRIBUNJOGJA/MIFTAHUL HUDA
Suasana Malioboro tampak ramai pada Sabtu (4/9/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memastikan jam operasional para pelaku usaha di kawasan Malioboro tidak berubah selama penerapan PPKM Level 3 hingga 4 Oktober 2021, meski pemerintah pusat sudah mengizinkan adanya pelonggaran. 

Sesuai dengan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 43 Tahun 2021, restoran, atau rumah makan, kafe dengan jam operasional malam hari, dapat beroperasi mulai 18.00 WIB, hingga 00.00 WIB.

Di Malioboro sendiri, deretan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menjajakan kuliner di selasar toko,  mulai beraktivitas selepas petang. 

Walau begitu, Kepala UPT Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya, Ekwanto, mengungkapkan, bahwa pihaknya tidak memperpanjang 'jam malam' di kawasan Malioboro.

Alhasil, para PKL tetap diwajibkan tutup pukul 21.00 WIB, seperti aturan PPKM Level 3 sebelumnya. 

"Untuk PKL di Malioboro rata-rata tetap tutup jam 21.00, mengingat jam 20.00 lampu besar di sepanjang Malioboro sudah dimatikan semua, untuk mengurangi kerumunan ya," ungkap Ekwanto, Rabu (22/9/2021). 

Baca juga: Ganjil Genap di Malioboro Menuai Kecaman Para Pedagang Kaki Lima

Baca juga: Begini Ketentuan Aturan Ganjil Genap di Malioboro dan Obyek Wisata yang Berlaku Akhir Pekan Ini

Ia menandaskan, kebijakan tersebut tidak hanya berlaku untuk kalangan PKL saja.

Praktis, pertokoan, restoran, kafe, hingga pusat perbelanjaan, atau mal di Malioboro pun tidak diizinkan buka melebihi 21.00 WIB. 

"Tidak ada (perubahan). Termasuk toko-toko dan mal juga, turup jam 21.00. Secara reguler, antara jam 18.00 sampai 21.00, Jalan Malioboro masih ditutup untuk kendaraan bermotor, ya," pungkasnya. (Tribunjogja/Azka Ramadhan)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved