Breaking News:

Curhatan Hanoko, Pemandu Wisata di Tamansari Yogyakarta yang Sudah Rindu Menanti Wisatawan

Sudah sekitar 2,5 bulan Hanoko beserta pemandu wisata lainnya tidak lagi mendongeng kepada wisatawan tentang sejarah bangunan Tamansari

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA/MIFTAHUL HUDA
Hanoko yang sudah tidak sabar memandu para wisatawan di Tamansari Yogyakarta, Jumat (17/9/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tak seperti biasanya, Hanoko, seorang pemandu wisata di Tamansari Yogyakarta  berpakaian alakadarnya, saat dijumpai pada Jumat (17/9/2021).

Biasanya lelaki yang satu ini selalu mengenakan setelan necis, kombinasi celana kain dan baju formal lengkap dengan kartu identitas sebagai seorang pemandu wisata di Tamansari.

Maklum saja, pekerjaan Hanoko memanglah seorang pemandu wisata, sehingga ia dituntut harus menjaga penampilan supaya wisatawan merasa nyaman.

Berbeda dari hari-hari sebelum pandemi, pada Jumat siang ia terlihat sedang bersantai di kursi tunggu wisatawan, di obyek wisata Tamansari dengan rekan sesama pemandu wisata.

Baca juga: 3 Destinasi Wisata di DI Yogyakarta yang Diizinkan Gelar Uji Coba Buka

Baca juga: Kampung Wisata Tamansari Jogja, Perpaduan Potensi Seni, Budaya dan Heritage

Mereka terlihat saling melempar canda dan tawa, meski kini belum ada kepastian kapan obyek wisata Tamansari yang sudah bertahun-tahun menjadi sumber mata pencaharian para pemandu wisata itu kembali dibuka.

Para pemandu wisata di Tamansari itu nyaris terbiasa dengan keadaan yang lengang di kursi antrean loket.

Beronggok-onggok kartu antrean yang biasanya dibagi-bagikan ke wisatawan itu kini hampir tak tersentuh dan berdebu di meja pusat informasi wisata Tamansari.

Seorang penjaga berbaju merah yang pada Jumat siang betugas diobyek wisata itu juga terlihat sedang tertidur pulas di dalam kantornya.

Sudah sekitar 2,5 bulan Hanoko beserta pemandu wisata lainnya tidak lagi mendongeng kepada wisatawan tentang sejarah bangunan megah peninggalan raja di Yogyakarta itu.

"Sudah 2,5 bulan kami libur. Yang jelas kami merindukan dibukanya kembali wisata Tamansari. Ingin suasana seperti dulu bisa kami rasakan," katanya, saat ditemui di area Tamansari, Jumat siang.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved