Breaking News:

Capaian Dosis 1 Suntikan Vaksin COVID-19 di Gunungkidul Lampaui 50 Persen

Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melaporkan capaian vaksinasi COVID-19 sudah melampaui 50 persen dari total sasaran yang terdata. Meski

Penulis: Alexander Aprita | Editor: Kurniatul Hidayah
dok.istimewa
Ilustrasi penyuntikan vaksin 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melaporkan capaian vaksinasi COVID-19 sudah melampaui 50 persen dari total sasaran yang terdata.

Meski demikian, capaian ini baru tercatat bagi penerima suntikan dosis pertama.

Kepala Dinkes Gunungkidul Dewi Irawaty menyampaikan bahwa hingga 9 September lalu, sebanyak 309.642 sasaran sudah mendapatkan suntikan pertama vaksin COVID-19.

"Jumlah itu setara dengan 52,03 persen dari total sasaran," kata Dewi pada wartawan, Senin (13/09/2021).

Baca juga: UPDATE Covid-19 DI Yogyakarta 13 September 2021: Tambah 83 Kasus, Kota Yogyakarta 0 Kasus Kematian 

Adapun total sasaran vaksin COVID-19 di Gunungkidul mencapai 595.145 orang. Sedangkan jika mengacu pada 70 persen penduduk, capaian dosis satu sudah mencapai 57,11 persen dari 542.226 sasaran.

Sedangkan untuk dosis kedua alias yang sudah tervaksin penuh baru mencapai 16,49 persen. Adapun Dewi mengatakan jumlah sasarannya sudah mencapai 98.169 orang.

"Kalau indikatornya 70 persen penduduk, angkanya setara 18,1 persen," jelasnya.

Dewi menyatakan semua kelompok masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi COVID-19. Menurutnya, warga cukup membawa identitas diri saat datang mendaftarkan diri.

Ia juga mengatakan bahwa warga tidak harus menggunakan KTP Elektronik (KTP-El) sebagai identitas diri. Sebab, ada bukti identitas lain yang bisa digunakan untuk mendaftar, seperti kartu keluarga (KK).

"Semua tetap bisa mendapatkan vaksinasi, cukup dengan membawa identitas diri," ujar Dewi.

Baca juga: 118.000 Penduduk Kota Yogya Belum Tervaksin Covid-19, Pemkot Terapkan Strategi Baru 

Sejauh ini ada 5 jenis kelompok masyarakat yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 di Gunungkidul. Antara lain SDM Kesehatan, Petugas Publik, Lansia, Masyarakat Umum, dan Remaja.

Terpisah, Bupati Gunungkidul Sunaryanta menyampaikan data terkini menunjukkan dosis satu vaksin COVID-19 sudah mendekati 55 persen dari total sasaran. Ia mengatakan program vaksinasi masih terus digencarkan.

"Kami gencarkan percepatan vaksinasi COVID-19 ini lewat dukungan dari berbagai pihak," jelasnya. (alx)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved