Breaking News:

Warga Karangdowo Akan Dapatkan Air Bersih dari PDAM, Bupati Klaten: Tahun Ini Pembukaan Jaringan

Bupati Klaten Sri Mulyani menyebut jika Kecamatan Karangdowo bakal segera mendapat aliran air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Klaten.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Bupati Klaten Sri Mulyani menyebut jika Kecamatan Karangdowo bakal segera mendapat aliran air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Klaten.

Hal itu disampaikan Mulyani agar daerah-daerah di kecamatan tersebut tidak lagi kesulitan dalam mendapatkan air bersih terutama saat musim kemarau.

"Rencana memang tahun ini kita membuka jaringan air di Karangdowo. Sudah kita mulai penyertaan modalnya untuk menambah jaringan yang ada di sana," ujar Mulyani saat TribunJogja.com temui di Setda Klaten, Kamis (9/9/2021).

Baca juga: BBPOM di Yogyakarta Canangkan Zona Integritas Menuju WBBM, Layani Masyarakat dengan Maksimal

Menurut Mulyani, meski kabupaten yang ia pimpin dijuluki sebagai pemilik 1001 mata air, namun justru dibeberapa wilayah ada juga yang kesulitan air seperti Kemalang, Karangdowo dan Cawas.

"Klaten memang terkenal dengan daerah yang memiliki seribu sumber mata air tapi memang juga diakui ada beberapa wilayah yang mengalami kekeringan karena tak ada sumber airnya," ucapnya.

Atas fakta demikian, orang nomor satu di pemerintahan kabupaten Klaten itu telah menginstruksikan PDAM untuk menambah jaringan air agar semua daerah bisa teraliri air bersih.

"Kami selalu mengkaji agar PDAM ini selalu menambah jaringan ke daerah-daerah yang memang airnya tidak sehat untuk dikonsumsi. Jaringan setiap tahun kita tambah sesuai dengan anggaran kita yang juga terbatas," imbuh Mulyani.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Klaten, Irawan Margono mengatakan jika pihaknya memang akan merambah jaringan air ke Kecamatan Karangdowo pada tahun 2021 ini.

"Khususnya tahun ini kita merambah ke Karangdowo. Ini jaringan akan kita pasang dan awal 2022 baru ke masing-masing pelanggannya," ucap dia.

Menurutnya, sumber air yang akan dialirkan ke karangdowo bersumber dari mata air Sigedang yang berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved