Breaking News:

Yogyakarta

Pesan Sri Sultan HB X pada Atlet PON DIY: Harus Selesai dengan Beban Mental Sebelum Berangkat Papua

Atlet diharapkan dapat meraih prestasi dengan maksimal meskipun saat ini sedang dalam masa-masa keterbatasan dan kekurangan fasilitas.

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Pelepasan atlet kontingen PON DIY di Kompleks Kepatihan Yogyakarta. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada Kamis (9/9/2021), Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengukuhkan dan melepas kontingen DIY yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua bulan depan.

Pada kesempatan itu Sri Sultan menitipkan pesan kepada para atlet untuk dapat meraih prestasi dengan maksimal meskipun saat ini sedang dalam masa-masa keterbatasan dan kekurangan fasilitas.

“Untuk itu para atlet harus berdaya upaya sekuat tenaga agar bisa meraih medali pada cabang-cabang olahraga prestasi,” katanya.

Untuk itu Sri Sultan mengutarakan jika para atlet lebih membutuhkan peran pembina dan pelatih, supaya keduanya dapat mengelola keterbatasan menjadi kekuatan.

Baca juga: KONI DIY Resmi Luncurkan Seragam Kontingen Untuk PON XX Papua

Ia juga berharap sebelum keberangkatan ke Papua, seluruh atlet harus dalam kondisi terbaiknya, agar mereka dapat tampil maksimal dalam pertandingan.

"Saya berharap sebelum berangkat, para atlet dapat terselesaikan beban mentalnya, sehingga mereka hanya perlu berkonsentrasi untuk meningkatkan prestasinya saja.

Sementara itu, Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto pada kesempatan yang sama menuturkan bahwa siap menjawab tantangan dari Gubernur untuk memaksimalkan perolehan prestasi di Papua besok.

Target perlohan medali yang diincar DIY sejumlah 11 medali emas.

Djoko menerangkat target tersebut cukup realistis karena para atlet DIY sudah melakukan persiapan dengan menjalani pemusatan latihan sejak tiga tahun lalu.

“Saat ini seluruh atlet yang tergabung dalam kontingen DIY siap untuk berlaga di PON Papua yang akan dilaksanakan secara resmi 2-15 Oktober 2021 dan atas doa seizing Bapak Gubernur serta dari Alloh SWT, kontingen DIY siap membawa pulang minimal 11 medali emas,” paparnya.

Baca juga: Kontingen DIY Didampingi Tim Keamanan Saat Berlaga di PON XX Papua

Sedankan Ketua Kontingen DIY Rumpis Agus Sudarko memastikan dalam laporannya, bahwa kontingen DIY total berjumlah 280 orang.

Terdiri dari 128 atlet, 54 pelatih, 14 mekanik, dan ofisial kontingen.

Seluruhnya tergabung dalam 24 cabang olahraga, diantaranya aatletik, balap motor, biliar, bola voli pasir, menembak, panahan, pencak silat, renang artistik, sepatu roda, terbang layang, terjun payung, aeromodelling, binaraga, catur, gantole, judo, kempo, panjat tebing, polo air, rugbi, taekwondo, tarung derajat, wushu, serta renang perairan terbuka.

Semula atlet DIY berjumlah 130 orang, namun karena ada faktor kendala tidak mendapat izin dan pekerjaan.

Kedua atlet yang tidak ikut itu ialah Indri Liani dari cabor rugby, dan Nuri Nara dari cabor terbang layang.( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved