Breaking News:

Plengkung Pitu, Saluran Air Peninggalan Belanda yang Dikembangkan Jadi Objek Wisata di Tulung Klaten

Temuan saluran air peninggalan zaman Belanda itu berada di Desa Sudimoro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
Tribun Jogja/ Almurfi Syofyan
Sejumlah pengunjung saat melihat secara dekat plengkung pitu yang berada di objek wisata Kalimosodo, Desa Sudimoro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Senin (6/9/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Berbekal dari temuan saluran air diduga peninggalan zaman Belanda, objek wisata baru pun digarap di Kabupaten Klaten.

Temuan saluran air peninggalan zaman Belanda itu berada di Desa Sudimoro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Talang air yang terdiri dari tujuh lengkungan atau biasa disebut warga sekitar dengan nama Plengkung Pitu, dijadikan daya tarik utama dari taman objek wisata yang sedang dalam proses finishing tersebut.

Adapun objek wisata yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Sudimoro itu, diberi nama taman objek wisata Kalimosodo.

Baca juga: BREAKING NEWS : Warga Klaten Temukan Bulus Jumbo Seberat 20 Kilogram di Terowongan Kuno

Baca juga: Cerita Penemuan Empat Bebatuan Kuno di Klaten, Ada Arca Tanpa Kepala dan Tiga Batu Jaladwara

Objek wisata ini berdiri di atas tanah seluas dua hektar dan berada persis di sebelah bangunan kantor desa setempat.

Kemudian, nama dari objek wisata Kalimosodo diambil dari adanya kali atau sungai yang melintas di sekitar objek wisata itu.

Pantauan Tribun Jogja di objek wisata itu, Senin (6/9/2021) sekitar pukul 10.00 WIB, selain plengkung pitu yang menjadi ikon utamanya, juga terdapat satu kolam renang untuk orang dewasa dan satu kolam renang untuk anak-anak.

Selain itu, juga terdapat satu kolam yang digunakan untuk terapi ikan oleh para pengunjung.

Di beberapa sisi lainnya, berdiri sejumlah gazebo kecil dan satu gazebo utama yang cukup besar.

Kemudian,terdapat juga satu musala dan toilet yang masih dalam tahap pengerjaan.

Penampakan area objek wisata Kalimosodo, Desa Sudimoro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Senin (6/9/2021).
Penampakan area objek wisata Kalimosodo, Desa Sudimoro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Senin (6/9/2021). (Tribun Jogja/ Almurfi Syofyan)

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved