Breaking News:

Bupati Magelang Lantik 24 Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemkab

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang melantik sebanyak 24 pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang. Pengambilan sumpah

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Kurniatul Hidayah
Dok Pemkab Magelang
Bupati Magelang saat melantik pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang melantik sebanyak 24 pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang.

Pengambilan sumpah jabatan tersebut dilaksanakan secara virtual dari, Ruang Mendut Rumah Dinas Bupati Magelang, Jumat (3/9/2021).

Bupati Magelang Zaenal Arifin menuturkan, pengangkatan ke dalam jabatan fungsional ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik yang semakin transparan, partisipatif, inovatif dan akuntabel.

Baca juga: Kerja Sama dengan Swasta, Pemda DIY Bakal Wujudkan Sentra Pelatihan Bagi UMKM

"Pelayanan publik yang transparan dan akuntabel akan mewujudkan sebuah smart regency, dimana pelayanan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Magelang dapat diakses dan dikontrol melalui partisipatif  masyarakat," terangnya.

Sesuai dengan Pasal 67 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, bahwa Pejabat Fungsional berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab secara langsung kepada pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, atau pejabat pengawas yang memiliki keterkaitan dengan pelaksanaan tugas jabatan fungsional.

Di mana, pelayanan publik yang inovatif dilaksanakan melalui penataan dan pengelolaan Aparatur Sipil Negara (ASN) secara profesional serta optimalisasi pemanfaatan berbagai sumber pembiayaan pembangunan.

"Saudara-saudara sekalian yang hari ini diangkat dalam jabatan fungsional memiliki tugas memberikan pelayanan fungsional berdasarkan pada keahlian dan kompetensi jabatan yang dimiliki. Namun demikian, di samping  melaksanakan tugas jabatan fungsional masing-masing, juga harus mampu bersinergi dengan rekan-rekan kerja saudara di OPD, untuk bersama-sama melaksanakan tugas yang melekat pada unit kerja saudara, serta mampu menjadi pendorong untuk semakin meningkatnya kinerja organisasi dan kualitas pelayanan publik,"ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan fungsional ini merupakan bukti keseriusan Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang dalam merespon aspirasi dan tuntunan pelayanan publik.

Oleh karena itu pejabat fungsional harus kreatif dan inovatif untuk menghadapi uncertain world (kondisi pandemi dunia yang tidak menentu) sehingga Pejabat Fungsional terus adaptif dan selalu menemukan solusi-solusi baru bagi kemajuan Kabupaten Magelang.

Baca juga: Arca Tanpa Kepala dan Tiga Jaladwara Ditemukan Warga Klaten di Dua Tempat Berbeda

Kemudian pejabat fungsional agar mendorong birokrasi yang responsif untuk memajukan Kabupaten Magelang dalam kompetisi global yang berkembang sangat cepat di semua aspek kehidupan.

"Pejabat fungsional agar selalu gigih dan tekun dalam menghadapi kompleksitas permasalahan dalam menjalankan tugas pemerintahan, serta harus mempunyai mimpi mewujudkan birokrasi yang handal berkelas dunia," tuturnya.

Adapun pejabat fungsional yang baru saja dilantik ini terdiri dari pejabat fungsional dari Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Guru, maupun Pejabat Fungsional Tenaga Kesehatan.

"Saya tunggu aksi nyata saudara dalam melaksanakan peran, tugas, dan fungsi strategis jabatan dalam rangka mewujudkan Kabupaten Magelang yang Sejahtera, Berdaya Saing, dan Amanah (sedaya amanah)," tutupnya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved