Breaking News:

Berita Kesehatan

Hal-hal yang Sangat Mempengaruhi Kadar Kolesterol Anda : dari Makanan Hingga Berat Badan

Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah seseorang. Di antaranya adalah asupan makanan dan berat badan

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
Istimewa
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Wanita ternyata cenderung memiliki kadar kolesterol HDL alias kolesterol baik lebih tinggi daripada pria. Hal ini disebabkan oleh hormon estrogen, yang meningkatkan kadar ini.

Tingkat estrogen berada pada titik tertinggi ketika wanita dalam usia subur. Setelah menopause, kadar estrogen turun, artinya kadar kolesterol baik (HDL) juga cenderung menurun.

Sebuah laporan dari American Heart Association (AHA) pada tahun 2011, mengungkapkan bahwa 41,8 persen pria berusia di atas 20 tahun memiliki kadar kolesterol total 200 mg/dL atau lebih tinggi, dibandingkan dengan 46,3 persen wanita.

Sebanyak 32,5 persen pria dibandingkan dengan 31,0 persen wanita memiliki kadar LDL 130 md/dL atau lebih rendah. Sebanyak 28,6 persen pria memiliki kadar HDL kurang dari 40 mg/dL dibandingkan dengan hanya 9,7 persen wanita.

Sementara penyakit kardiovaskular dianggap sebagai penyakit yang terutama menyerang pria yang lebih tua, penyakit ini tetap menjadi penyebab utama kematian pada wanita di Amerika Serikat (AS) dan di seluruh dunia.

Lebih banyak wanita meninggal karena penyakit jantung daripada pria setiap tahun sejak 1984.

Usia juga berperan dalam kemungkinan berkembangnya penyakit jantung.

Institut Jantung, Paru, dan Darah Nasional AS menggunakan angka-angka ini untuk menguraikan persentase orang yang memiliki kolesterol tinggi.

Persentasenya, berdasarkan usia dan tanpa memandang jenis kelamin, adalah sebagai berikut:

  • 20-an: 22 persen
  • 30-an: 38 persen
  • 40-an: 50 persen
  • 50-an: 62 persen

Faktor lain yang mempengaruhi kadar kolesterol termasuk:

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved