Breaking News:

Pemkab Bantul Mendapatkan Bantuan 10 Unit Oxygen Concentrator

Pemerintah Kabupaten Bantul menerima bantuan berupa 10 unit Oxygen Concentrator dari Goto (Gojek, Tokopedia dan Gopay), Senin (24/8/2021) kemarin.

Penulis: Santo Ari | Editor: Kurniatul Hidayah
Istimewa
Pemkab Bantul menerima oxygen concentrator, senin (23/8/2021) kemarin 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pemerintah Kabupaten Bantul menerima bantuan berupa 10 unit Oxygen Concentrator dari Goto (Gojek, Tokopedia dan Gopay), Senin (24/8/2021) kemarin.

Melalui bantuan, Pemkab Bantul dapat menambah pasokan kebutuhan oksigen bagi pasien covid-19.

Manajer Hubungan Pemerintahan dan Kebijakan Publik Goto, Saiful Bahtiar mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk ikhtiar bersama dari Goto dalam keikutsertaannya untuk penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Baca juga: Pemkot Yogyakarta Targetkan 70 Persen Pelajar Tervaksin di Akhir September 2021 

Menurutnya, bantuan ini sebagai bentuk dukungan dari Goto kepada pemerintah khususnya kepada Kabupaten Bantul disektor kesehatan guna memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19 dan sebagai langkah untuk percepatan perekonomian di daerah.

"Dari awal pandemi kita sangat konsen bahwa kesehatan dan ekonomi harus tumbuh bersamaan, hal ini juga sejalan dengan semangat dan spirit pemerintah Indonesia,”  jelas Saiful.

Alat ini Berbeda dengan oksigen medis yang disuplai dari unit industri melalui tabung. Konsentrator oksigen merupakan perangkat yang dapat dioperasikan di rumah dan dapat bekerja dengan menyambungkannya ke stop kontak listrik atau menggunakan baterai. 

Cara kerja alat ini adalah menyaring udara di ruangan yang awalnya terdiri dari 80 persen nitrogen dan 20 persen oksigen dan mengubahnya menjadi 90 hingga 95 persen oksigen murni.  

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengucapkan rasa terimakasih dan apresiasinya kepada Goto atas bantuan berupa 10 unit Oxygen Concentrator ini. 

Baca juga: Pembunuh Perempuan yang Ditemukan Terkubur di Ngemplak Sleman Terungkap, Ini Motif Pelaku

Menurutnya, bantuan ini sangat mendukung pemerintah dalam memenuhi pasokan kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19 yang membutuhkan baik yang melakukan isolasi mandiri maupun yang berada di shelter atau rumah sakit.

Lebih lanjut Bupati Bantul akan segera berkoordinasi dengan OPD terkait seperti Dinas Kesehatan maupun BPBD Bantul dalam hal teknis penyaluran dan penempatan Oxygen Concentrator ini.

"Saya harap OPD terkait nantinya bisa menyalurkan dan memanfaatkan bantuan ini semaksimal mungkin dalam membantu masyarakat yang membutuhkan oxygen," ujar Bupati. (nto)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved