Breaking News:

Jawa

4 Kecamatan Rentan Kekeringan, BPBD Magelang Terus Lakukan Droping Air

Sebanyak 4 Kecamatan yang termasuk rawan kekeringan yakni Kecamatan Borobudur, Grabak, Tempuran, dan Pakis.

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
BPBD Magelang lakukan droping air bersih sebanyak 5000 liter di Kecamatan Borobudur, Selasa (24/08/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magelang terus lakukan droping air bersih ke wilayah yang rentan terhadap kekeringan.

Adapun dari pendataan BPBD Magelang sebanyak 4 Kecamatan yang termasuk rawan kekeringan yakni Kecamatan Borobudur, Grabak, Tempuran, dan Pakis.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magelang, Mhd Muzamil mengatakan, pihaknya terus melakukan  koordinasi kepada setiap Kecamatan selama musim kemarau ini.

"Sejak Juni lalu, memang sudah memasuki musim kemarau basah bahkan diperkirakan akan berlangsung hingga Oktober mendatang. Dengan begitu, beberapa daerah yang rawan kekeringan setiap tahunnya selalu kami utamakan untuk lakukan suplai air bersih," jelasnya kepada Tribunjogja.com, pada Selasa (24/08/2021).

Baca juga: Potensi Kekeringan Tetap Ada Meski Kemarau Basah

Adapun droping air bersih, lanjutnya, setiap Kecamatan diberikan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan dari masyarakat.

Sebelum melakukan droping air, pihaknya akan melakukan peninjauan ke lokasi.

"Kalau volume air disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan masyarakat. Namun, tetap dilakukan peninjauan oleh petugas kami. Biasanya, droping air mulai dari 5000 liter hingga 10.000 liter per Dusunnya," terangnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan droping air pada tiap Kecamatan di wilayah Magelang berjalan normal meskipun aktivitas Gunung Merapi yang sedang meningkat.

Semua wilayah yang melaporkan terjadinya kekeringan bisa ditangani dengan cepat untuk mendapatkan pasokan air bersih.

"Sejauh ini, tidak ada hambatan untuk suplasi air akibat naiknya aktivitas Merapi. Semua wilayah bisa tercover dengan baik," urainya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved