Yogyakarta

Sebanyak 717 Warga Binaan Se-DIY Sembuh dari Covid-19

Jumlah warga binaan yang terpapar Covid-19 mencapai 734 kasus. Sebanyak 717 di antaranya telah dinyatakan sembuh, sisanya masih isolasi.

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Gaya Lufityanti
who.int
Berita Update Corona di Daerah Istimewa Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebanyak 717 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Para WBP tersebut disinyalir terpapar Covid-19 melalui petugas lapas yang memiliki mobilitas di luar.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIY Gusti Ayu Putu Suwardani mengatakan, jumlah warga binaan yang terpapar Covid-19 sampai hari ini telah mencapai 734 kasus.

Dari jumlah itu sebanyak 717 di antaranya telah dinyatakan sembuh, sementara 20 orang masih menjalani isolasi.

Baca juga: 275 Warga Binaan dan Petugas di Lapas Narkotika Pakem Terpapar Covid-19

"Yang sembuh itu sudah mencapai 717. Kalau yang positif sudah mencapai 734 itu data per 16 Agustus 2021," katanya, kepada Tribunjogja.com, Rabu (18/8/2021)

Kendati demikian, pihaknya tetap mengapresiasi kerja keras para kepala lapas (kalapas) di seluruh satuan kerja (satker) Kemenkumham.

Data Kanwil Kemenkumham DIY, warga binaan di lapas narkotika kelas II A Yogyakarta menjadi yang terbanyak terpapar Covid-19 yakni mencapai 314 orang,

Kedua lapas kelas II B Sleman sebanyak 233 orang, kemudian lapas pemasyarakatab kelas II A Yogyakarta sebanyak 96 orang, lalu untuk rumah tanahanan negara kelas II A Yogyakarta sebanyam 57 orang, dan rumah tahanan kelas II B Sleman sebanyak 19 orang.

"Meski begitu saya tetap mengapresiasi para kalapas yang selama setahun dulu Maret 2020 sampai Desember tidak ada. Baru muncul varian delta penularan menjadi tinggi di lapas. Itu pun yang membawa dari petugas lapas," jelasnya.

Menurut Ayu, penerapan protokol kesehatan di lingkungan lapas sangatlah ketat.

Baca juga: Lapas Perempuan Kelas II B Yogyakarta Salurkan Paket Sembako Bagi Warga Isoman

Salah satu contoh, pihak lapas tidak memberlakukan jam kunjungan selama pandemi Covid-19 ini.

Selain itu pengiriman barang dari keluarga atau kerabat juga sementara waktu disetop hingga kondisi pandemi benar-benar pulih.

"Upaya dari Satker, Kalapas cukup bagus. Masuk lapas harus lebih dulu masuk boks sterilisasi. Kunjungan disetop, barang kiriman juga sementara disetop. Dan termasuk vaksinasi ini kami sudah maksimalkan," tegasnya.

Berdasarkan data per 16 Agustus 2021, total WBP se DIY mencapai 1.738 orang.

Dari jumlah itu warga binaan yang mendapat vaksin tahap 1 mencapai 881 orang, sementara untuk penerima vaksin tahap 2 mencapai 167 orang, dan warga binaan yang belum mendapat vaksin sebanyak 857 orang. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved