Breaking News:

PPKM Level 4 Diperpanjang, Pemda DIY Fokus Perkuat 3T dan Tekan Angka Kematian Pasien Covid-19

Kebijakan PPKM Level 4 di DI Yogyakarta diperpanjang mulai 3 hingga 9 Agustus 2021 mendatang. Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji

TRIBUNJOGJA/ Yuwantoro Winduajie
Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kebijakan PPKM Level 4 di DI Yogyakarta diperpanjang mulai 3 hingga 9 Agustus 2021 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengungkapkan, selama perpanjangan PPKM Level 4, Pemda DIY masih berfokus untuk menekan laju penularan di wilayah ini.

Salah satunya dengan memperkuat 3T atau tindakan melakukan tes Covid-19 (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien COVID-19 (treatment).

Aji melanjutkan, dalam sehari Pemda DIY mampu melakukan pemeriksaan hingga 6 ribu sampel dengan metode tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di 19 laboratorium maupun dengan metode rapid test antigen.

Baca juga: Diduga Kabur, Seorang Pasien RS Lapangan Khusus Covid-19 Bantul Ditemukan Tewas di Kolam Ikan

"Testing kita lakukan lebih banyak dengan cara menambah kapasitas lab kemudian kita tambah dengan tes antigen," terangnya, Selasa (3/8/2021).

Namun belakangan ini jumlah sampel yang diperiksa mengalami penurunan. Bahkan sempat hanya ada sekitar 3 ribu sampel yang dites dalam sehari. Menurutnya, hal ini disebabkan karena hasil tracing yang juga menurun.

"(Turun) karena hasil tracing-nya (sedikit). Hasil tracing yang tidak menunjukkan kemungkinan ada yang positif kan percuma kita lakukan tes," terangnya.

Lebih jauh, Pemda DIY juga berfokus untuk menekan angka kematian pada pasien Covid-19.

Aji pun mengutip data yang dihimpun Posko Dukungan Penanganan Covid-19 DIY. Sepanjang Juli 2021 lalu terdapat 3.132 jenazah yang dimakamkan dengan prosedur Covid-19.

Artinya, dalam sehari rata-rata ada 101 giat pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved