Breaking News:

Kabupaten Kulon Progo

Pengembangan Kawasan Aerotropolis Harus Berdampak pada Masyarakat Sekitar

Bandara YIA diharapkan mampu memberikan multiplier effect atau efek berganda pada peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat di sekitarnya.

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Yuwantoro Winduajie
Suasana acara Warta Parlemen yang disiarkan secara daring oleh Tribun Jogja, Jumat (30/7/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Keberadaan Yogyakarta International Airport di Kulon Progo, DI Yogyakarta diharapkan mampu memberikan multiplier effect atau efek berganda pada peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat di sekitarnya.

Anggota Komisi C DPRD DIY, Lilik Syaiful Ahmad menuturkan, pembangunan bandara tidak hanya bermanfaat untuk kepentingan penerbangan saja melainkan dapat dimanfaatkan untuk kaitan yang lebih luas yaitu untuk mempengaruhi perkembangan wilayah di sekitarnya.

Misalnya, selain untuk masyarakat DIY, keberadaan bandara ini juga bisa menopang perekonomian di daerah lain mencakup Cilacap, Purwokerto, Banyumas, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, hingga Klaten dan Magelang.

"(Bandara) Ini akan memberi kontribusi luar biasa bagi masyarakat sekitar," terangnya dalam acara Warta Parlemen yang disiarkan secara daring oleh Tribun Jogja, Jumat (30/7/2021).

Baca juga: Tak Dapat Jatah Dinkes DIY, Sentra Vaksin di Yogyakarta International Airport (YIA) Tak Beroperasi

Keberadaan YIA menjadi jalan untuk mempercepat pembangunan kawasan pesisir laut selatan.

Satu di antara upaya menghidupkan perekonomian dan wisata pesisir selatan itu, pemerintah setempat tengah menyiapkan kawasan aerotropolis sebagai pendukung utama perkembangan bandara YIA.

Sehingga sumber daya manusia di DIY perlu dipersiapkan dengan matang agar sebagian besar warga lokal dapat terserap dalam proses pengembangan kawasan aerotropolis.

"Kita perlu mendorong pemerintah daerah setempat agar siap dalam pengembangan aerotropolis ini. Jangan sampai masyarakat cuma menikmati kebisingan lalu lintas bandara. Seharusnya masyarakat sekitar bisa menanti sembari menyiapkan diri," sambungnya.

Lilik mengatakan, YIA memiliki berbagai keistimewaan dan menjadi salah satu bandara terbaik yang dimiliki Indonesia.

Bandara ini memiliki panjang landas pacu sejauh 3.250 meter dan bisa didarati pesawat-pesawat berbadan besar.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved