Breaking News:

Jalur Rel KA Bandara YIA Memasuki Diuji Cobakan

JALUR rel KA Bandara YIA Kulon Progo telah memasuki tahap uji coba sebelum dioperasikan Agustus 2021.

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Agus Wahyu
dok.istimewa
PERCOBAAN - Uji coba jalur rel KA Bandara YIA dengan menggunakan kereta rel diesel elektrik (KRDE), Senin (19/7/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Perkembangan pembangunan jalur rel kereta api (KA) Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo mencapai 96,35 persen. Jalur rel tersebut telah memasuki tahap uji coba, Senin (19/7/2021), sebelum difungsikan pada Agustus 2021 mendatang.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Area 1, Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan, Dheky Martin mengatakan, tahap uji coba ini untuk mengetahui kekuatan rel yang nantinya akan dilewati kereta dan laju kecepatan optimalnya.

"Setelah dilakukan uji coba, kami akan melakukan evaluasi. Adapun pada uji coba ini dengan menggunakan kereta lokomotif dan kereta rel diesel eletrik (KRDE) secara bergantian. Kecepatan masing-masing 20-40 km/jam dan 40-60 km/jam," terangnya.

Ia menyebut, saat ini pemasangan trek masih berlangsung di area sekitar Stasiun Kedundang menuju bandara YIA sepanjang 700 meter, atau sekitar 120 titik pengelasan. Sementara, pemasangan trek di kawasan terminal Bandara YIA telah rampung 100 persen. Jalur kereta khusus bandara tersebut rencananya akan diresmikan pada 17 Agustus 2021 mendatang.

Diketahui, jalur KA Bandara YIA dibangun secara elevated (melayang) sepanjang 5,3 kilometer dari Stasiun Kedundang. Proyek Strategis Nasional (PSN) ini bernilai investasi Rp1,1 triliun dan dikerjakan secara jamak tahun sejak Desember 2019 lalu.

Direncanakan ada 24 trip atau perjalanan kereta per hari dari Stasiun Tugu Yogyakarta sampai Bandara YIA menggunakan empat train set KRDE. Kereta tersebut berkapasitas angkut 4.800 penumpang per hari dan waktu tunggu antar kedatangan kereta (headway) sekitar 30 menit, dengan waktu tempuh diperkirakan sekitar 45 menit.

Dihubungi secara terpisah, PTS General Manager Bandara YIA, Agus Pandu menyebut, adanya jalur rel KA tersebut membuat opsi aksesibilitas menuju YIA lebih banyak, selain kendaraan pribadi maupun transportasi umum lain.

Pengguna jasa penerbangan akan lebih termudahkan dan animo masyarakat menggunakan jasa penerbangan diharapkan semakin tinggi. "Jadi, nanti begitu virus corona hilang, Bandara YIA sudah siap semuanya," ucapnya. (scp)

Baca selengkapnya Tribun Jogja edisi Rabu 21 Juli 2021 halaman 04.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved