Breaking News:

Tak Dapat Jatah Dinkes DIY, Sentra Vaksin di Yogyakarta International Airport (YIA) Tak Beroperasi

Pelayanan sentra vaksin khusus calon penumpang yang menggunakan jasa penerbangan melalui Yogyakarta International Airport (YIA), Temon, Kabupaten Kulo

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Kurniatul Hidayah
dok.istimewa
Ilustrasi penyuntikan vaksin 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Pelayanan sentra vaksin khusus calon penumpang yang menggunakan jasa penerbangan melalui Yogyakarta International Airport (YIA), Temon, Kabupaten Kulon Progo sementara tidak beroperasi. 

Hal itu lantaran tidak mendapatkan stok vaksin dari Dinas Kesehatan DI Yogyakarta. 

PTS General Manager YIA, Agus Pandu Purnama membenarkan hal tersebut. Informasi tersebut juga telah disampaikan melalui akun Instagram @bandarayogyakarta.

Baca juga: Lapas Perempuan Kelas II B Yogyakarta Salurkan Paket Sembako Bagi Warga Isoman

"Betul sekali. Karena tidak mendapatkan vaksin dari Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY," kata Pandu ketika dikonfirmasi, Kamis (29/7/2021). 

Ia mengatakan layanan sentra vaksin tidak beroperasi sejak Rabu (28/7/2021) kemarin. Sementara layanan sentra vaksin akan beroperasional kembali setelah ada penyaluran ketersediaan vaksin kembali dari Dinkes DIY.

Informasi selanjutnya akan disampaikan kembali melalui story Instagram atau menghubungi kontak center Angkasa Pura. 

Kartu vaksin merupakan salah satu syarat perjalanan yang harus dipenuhi bagi calon penumpang dengan transportasi udara. 

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 57 Tahun 2021, penerbangan dari dan ke Pulau Jawa dan Bali serta dari dan ke daerah dengan kategori PPKM level 3 dan 4 menunjukkan persyaratan kartu vaksin minimal dosis I dan hasil negatif RT-PCR yang berlaku 2×24 jam. 

Kemudian dari dan ke daerah dengan kategori PPKM level 1 dan 2 dengan persyaratan kartu vaksin minimal dosis I, hasil negatif RT-PCR yang berlaku 2×24 jam atau hasil negatif rapid tes antigen 2×24 jam. 

Baca juga: Sebanyak 94 Persen BST Kemensos di Kota Yogyakarta Sudah Tersalurkan

Sementara pelaku perjalanan yang berusia di bawah 12 tahun dibatasi untuk sementara. 

Kartu vaksin juga dikecualikan bagi pelaku perjalanan udara dengan kepentingan khusus medis yang tidak atau belum divaksin dengan alasan medis berdasarkan keterangan dari dokter spesialis. 

Adapun terkait dengan jumlah kedatangan pada Kamis (29/7/2021) terdapat 435 penumpang. Sementara jumlah keberangkatan 557 penumpang. (scp) 

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved