Breaking News:

Sebanyak 94 Persen BST Kemensos di Kota Yogyakarta Sudah Tersalurkan

Pendistribusian Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi warga masyarakat Kota Yogyakarta periode Mei-Juni 2021 bakal terselesaikan dalam waktu dekat. Bantuan

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pendistribusian Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi warga masyarakat Kota Yogyakarta periode Mei-Juni 2021 bakal terselesaikan dalam waktu dekat.

Bantuan tersebut, berasal dari alokasi Kementerian Sosial.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, Maryustion Tonang menjelaskan, sejauh ini, 94 persen BST sudah didistribusikan kepada keluarga penerima manfaat (PKH), melalui 45 kelurahan di wilayahnya.

Menurutnya, terdapat 7.221 keluarga yang berhak menerima bansos dari pemerintah pusat tersebut. Dari jumlah itu, BST yang telah disalurkan pada KPM menyentuh 6.724.

Baca juga: UPDATE Terbaru Sebaran Zona Merah Covid-19 di Indonesia, Jatim dan Jateng Terbanyak

"Dari laporan yang kami terima, distribusi BST di Kota Yogyakarta sudah terserap 94 persen. Pendistribusian BST dan beras oleh PT Pos lewat kelurahan," katanya, Kamis (29/7/2021).

Maryustion menuturkan, nominal BST yang disalurkan ialah Rp300 ribu per bulan. Dengan distribusi BST dua periode Mei-Juni, maka tiap KPM yang terdampak pandemi COVID-19 di kota pelajar mendapat total bantuan Rp 600 ribu.

Ia pun mengatakan, sebagian besar BST yang belum terserap itu lantaran KPM tengah menjalani isolasi karena terpapar COVID-19. Namun, Dinsos memastikan, bantuan tetap menjadi hak yang bersangkutan dan tak dialihkan.

"Mayoritas karena sedang isolasi, sehingga tidak mungkin hadir mengambil BST. Kantor Pos mencoba carikan solusi ya, untuk pendistribusian bagi yang isolasi," ujarnya.

Di samping uang tunai, PT Pos, bekerjasama dengan Bulog, juga mendistribusikan bantuan beras 10 kilogram pada KPM program BST dan Program Keluarga Harapan (PKH). Jumlah sasarannya, 9.488 KPM BST dan 10.971 KPM PKH.

"Bantuan beras untuk program BST dan PKH masih terus didistribusikan karena mengejar target. Harapannya 29 Juli ini sudah selesai semua, ya," terang Maryustion.

Baca juga: UPDATE Transfer Manchester City: Rekrutan Perdana The Cityzens Segera Datang

Kadinsosnakertrans menuturkan, bantuan pada tahap ini sengaja dialihkan melalui 45 kelurahan, untuk mendukung kebijakan PPKM. Selain untuk meminimalisir kerumunan, diharapkan prosesnya juga bisa semakin cepat.

"Jadi, sekarang pendistribusianya berbasis kelurahan, untuk percepatan distribusi, mendekatkan pelayanan pada KPM, dan meminimalisir kerumunan," ucapnya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved