Breaking News:

Belum Capai Target, Pemkab Magelang Minta Lakukan Percepatan Realisasi Keuangan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang  meinta dilakukannya percepatan realisasi keuangan  untuk pembangunan. Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengataka

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Rendika Ferri
Bupati Magelang, Zaenal Arifin 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang  meinta dilakukannya percepatan realisasi keuangan  untuk pembangunan.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengatakan, dari laporan yang telah diterima hingga akhir Juni  progress  fisik telah mencapai 41,36% dari target sebesar 44,77% dan realisasi keuangan mencapai 27,52%.

Menurutnya capaian kinerja fisik untuk Triwulan II tahun 2021 ini lebih rendah apabila dibandingkan dengan tahun 2020 pada periode yang sama.

Baca juga: Perpanjangan PPKM Level 4, Pasar Tradisional Non Esensial di Kota Yogyakarta Boleh Buka Sampai 15.00

“Sedangkan untuk kinerja keuangan, pada awal bulan Juli ini kita juga telah melaksanakan rakor percepatan realisasi APBD TA 2021. Saya berharap agar langkah-langkah strategis yang telah kita sepakati dalam rakor tersebut dapat didukung dan dilaksanakan oleh semua Perangkat Daerah, sehingga realisasi keuangan dapat mencapai target yang telah ditetapatkan," jelasnya pada Selasa (27/07/2021).

Tak hanya itu, Ia menyampaikan, penyelenggaraan rakor POK ini bertujuan untuk memberikan gambaran kinerja pelaksanaan kegiatan pembangunan daerah yang bersumber dari APBD Kabupaten Magelang.

Serta diharapkan dapat diidentifikasi kendala, permasalahan dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, untuk kemudian masing-masing Kepala Perangkat Daerah dapat merumuskan alternatif solusi agar target yang telah direncanakan dapat tercapai. 

“Saya mengingatkan kembali kepada para Kepala Perangkat Daerah, akan pentingnya dokumen Rencana Kerja Operasional (RKO) sebagai pedoman pelaksanaan dan bahan evaluasi pelaksanaan APBD di masing-masing Perangkat Daerah,” Pungkas Zaenal Arifin.

Baca juga: Dinkes Gunungkidul Klaim Tak Alami Masalah Stok Hingga Distribusi Vaksin COVID-19

Pihaknya juga,menekankan agar Kepala Perangkat Daerah agar Meningkatkan pengendalian dan pengawasan pelaksanaan kegiatan melalui koordinasi internal Perangkat Daerah secara rutin.

Seeta meningkatkan koordinasi dan kerjasama antar Perangkat Daerah dan pihak-pihak terkait, sehingga tercipta sinergitas guna mendukung percepatan pelaksanaan kegiatan.

"Segera melakukan akselerasi atau percepatan penyerapan anggaran yang bersumber dari APBD maupun non APBD dengan tetap memedomani ketentuan peraturan perundangan yang berlaku," urainya. (Ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved