Breaking News:

Dinkes Gunungkidul Klaim Tak Alami Masalah Stok Hingga Distribusi Vaksin COVID-19

Pemerintah kini tengah mengejar target penyelesaian vaksinasi COVID-19. Namun program ini tengah dibayang-bayangi isu menipisnya persediaan vaksin di

Penulis: Alexander Aprita | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Alexander Ermando
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul Dewi Irawaty menunjukkan persediaan vaksin COVID-19 di Cold Room milik Dinkes beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Pemerintah kini tengah mengejar target penyelesaian vaksinasi COVID-19. Namun program ini tengah dibayang-bayangi isu menipisnya persediaan vaksin di daerah, begitu juga dengan kendala distribusinya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul Dewi Irawaty mengklaim tidak ada kendala apa pun pada program vaksinasi COVID-19 di wilayahnya.

"Persediaan vaksin masih cukup baik dari provinsi maupun di kami," kata Dewi lewat pesan singkat pada Selasa (27/07/2021).

Baca juga: Sebanyak 90 Persen Pasien Positif Covid-19 di Bantul Isolasi Mandiri 

Ia tidak merinci berapa jumlah dosis vaksin yang tersedia saat ini. Namun ia memastikan proses vaksinasi sampai saat ini masih berjalan lancar tanpa ada gangguan.

Hal serupa juga berlaku pada proses distribusi. Dewi meyakinkan bahwa distribusi stok vaksin dari pusat dan provinsi ke daerah tidak ada masalah berarti sampai saat ini.

"Intinya kalau tinggal sedikit minta lagi, terus langsung dikirimkan. Jadi ada terus," jelasnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menargetkan vaksinasi COVID-19 bisa diselesaikan pada Agustus mendatang. Jumlah sasaran naik dari 525 ribu menjadi 595 ribu warga.

Berbagai upaya dilakukan untuk percepatan vaksinasi tersebut. Antara lain dengan menggandeng berbagai pihak hingga melakukan vaksinasi dengan mekanisme rumah ke rumah (door to door).

"Saat ini sasaran yang sudah tervaksin lebih dari 28 persen," ungkap Dewi.

Baca juga: Pedagang Tamkul Wonosari Diminta Jalankan Pembatasan Waktu Makan dan Jumlah Pengunjung

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul Endah Subekti mengapresiasi langkah percepatan vaksinasi Pemkab. Apalagi kegiatannya juga dilakukan di sejumlah destinasi wisata.

Tak hanya destinasi wisata umum, situs religi pun dijadikan lokasi untuk vaksinasi warga. Ia pun berharap cara ini juga bisa mengangkat sektor wisata religi di Kabupaten Gunungkidul.

"Ini sesuai dengan visi-misi Bupati yang ingin menjadikan pariwisata Gunungkidul terkemuka di tingkat internasional," ujar Endah. (alx)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved