Breaking News:

10 Pengusaha di Malioboro Jual Aset, Pemda DIY Masih Tunda Pemulihan Ekonomi

Rencana pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 tertunda lantaran pemerintah masih berjibaku untuk menurunkan kasus positif Covid-19.

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Miftahul Huda
Salah satu toko di Jalan Malioboro dipasangi spanduk untuk dijual, Minggu (25/7/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Rencana pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 tertunda lantaran pemerintah masih berjibaku untuk menurunkan kasus positif Covid-19.

Hal itu diakui oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY Beny Suharsono yang menyatakan jika semua sektor perekonomian di DIY semakin terpuruk akibat pengetatan aktivitas oleh pemerintah.

Dalam rencana pembangunan daerah yang disepakati, seharusnya arah pembangunan tahun 2021 di DIY adalah menuju kepada pembangunan ekonomi.

"Tetapi kami menyadari pandemi ini sangat berdampak kuat. Tahun 2021 upaya pembangunan kami sudah bergeser ke arah pembangunan ekomomi," katanya, kepada Tribun Jogja, Minggu (25/7/2021)

Baca juga: Warung Makan, PKL Boleh Buka dan Makan di Tempat dengan Syarat Ini Selama Perpanjangan PPKM Level 4

Akan tetapi rencana tersebut tersisihkan karena pada awal Juli hingga pertengahan Juli 2021 kali ini tren Covid-19 di DI Yogyakarta terus meningkat.

Sehingga beberapa rencana yang telah disusun terpaksa dihentikan, karena pemerintah masih fokus terhadap sektor kesehatan.

"Jadi 2021 itu memang target pemulihan ekonomi. Beberapa kegiatan sudah dimulai, dan sekarang kesehatan lebih utama," terang dia.

Beny menyadari pertumbuhan ekonomi di DI Yogyakarta saat ini sedang dalam kondisi terpuruk, karena pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tidak dapat mengoptimalkan produknya.

Selain itu dari sektor perhotelan juga menurutnya sedang kolaps karena tingkat hunian yang rendah.

Terbaru, sebanyak 10 toko di kawasan Jalan Malioboro dijual oleh pemiliknya karena tak sanggup beroperasi di tengah badai pandemi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved