Breaking News:

Kota Yogyakarta

Pasar Tradisional Non Esensial di Kota Yogyakarta Kembali Ditutup hingga 25 Juli 2021

Sejak PPKM Darurat diterapkan sejak 3 Juli silam, terdapat lima pasar tradisional di Kota Yogyakarta yang berhenti operasionalnya.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Gaya Lufityanti
Dok Humas Pemkot Yogyakarta
Penyemprotan disinfektan di Pasar Kotagede oleh petugas Pemkot Yogyakarta, Jumat (9/7/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM - Para pedagang pasar tradisional di Kota Yogyakarta, terutama yang tidak menjual kebutuhan pokok harus menunda aktivitas jual belinya seiring perpanjangan PPKM Darurat, yang sekarang berubah namanya menjadi PPKM Level 4, pada 21-25 Juli 2021 mendatang.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono mengatakan, pihaknya harus menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah pusat.

Sehingga, penutupan sejumlah pasar tradisional non esensial otomatis ikut diperpanjang.

Saat ini, surat edaran Wali Kota tengah diproses.

Baca juga: Terdampak PPKM Darurat, Pemkot Yogya Berikan Relaksasi Retribusi untuk Pedagang Pasar Tradisional

"Sementara di lapangan sudah diputuskan. Kami mengacu pada langkah sebelumnya. Ya, nanti kami mengeluarkan SE, tutup sampai 25 Juli," katanya, Kamis (22/7/2021).

Ia pun menjelaskan, sejak PPKM Darurat diterapkan sejak 3 Juli silam, terdapat lima pasar tradisional di Kota Yogyakarta yang berhenti operasionalnya.

Yaitu, Pasar Beringharjo Barat, Pusat Bisnis Beringharjo, Klithikan, Pasar Sepeda Tunjung Sari, kemudian Pasar Satwa dan Tanaman Hias.

"Jadi, yang tutup tetap pasar yang tidak jualan logistik, ya, kalau memang di sana ada (penjual kebutuhan pokok), tentu kita bolehkan buka, sifatnya fleksibel," katanya.

Menurutnya, kebijakan penutupan sementara ini mendapat dukungan dari para pedagang, karena tujunnya adalah untuk mengantisipasi sebaran Covid-19.

Baca juga: Disinfeksi Pasar Tradisional Kembali Digiatkan Pemkot Yogyakarta Selama PPKM Darurat

Berdasar hasil evaluasi selama 3-20 Juli, Dinas Perdagangan tidak menemukan pelanggaran-pelanggaran berarti di lapangan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved