Breaking News:

Kesehatan

Tips Agar Isolasi Mandiri saat Terpapar Covid-19 Tetap Aman dan Sehat, Jaga Kebersihan Lingkungan

Dengan lingkungan yang bersih, maka orang tidak mudah terpapar Covid-19 dan bisa segera sembuh, apabila sedang mengidap penyakit tersebut.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Gaya Lufityanti
Shutterstock
Ilustrasi Isolasi Mandiri 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Isolasi mandiri (isoman) menjadi satu di antara cara menekan penyebaran virus corona di masyarakat.

Namun, hingga kini, di DI Yogyakarta masih banyak kesehatan warga yang tidak terkontrol, bahkan meninggal ketika melakukan isoman di rumah.

dr Raden Ludhang Pradipta Rizki MBiotech SpMK, dokter Spesialis Mikrobiologis Klinik RSUP Dr Sardjito mengatakan kunci dari isoman yang sehat adalah kebersihan lingkungan.

Hanya dengan lingkungan yang bersih, maka orang tidak mudah terpapar Covid-19 dan bisa segera sembuh, apabila sedang mengidap penyakit tersebut.

Baca juga: Perhatikan, Ini Hal Penting yang Harus Selalu Dicek Pasien Covid-19 yang Isolasi Mandiri

“Kebersihan lingkungan saat isolasi mandiri dapat dilakukan dengan membersihkan secara teratur permukaan peralatan rumah,” ungkapnya dalam webinar Kagama Telekonseling seri ke-2 bertopik ‘Menjaga Kontaminasi Saat Isoman dan Desinfeksi paska Isoman’, Sabtu (17/7/2021).

Dia menjelaskan secara detail, membersihkan permukaan perlu difokuskan pada tempat-tempat yang sering dipegang banyak orang.

Seperti, gagang pintu, meja, pegangan pintu dan sakelar.

“Jika bersama penderita Covid-19 di rumah, usahakan disinfeksi dalam 24 jam terakhir dengan menggunakan antiseptik dan disinfektan,” jelasnya.

Satu hal yang harus diperhatikan masyarakat ketika berada di satu rumah dengan pasien isoman Covid-19 adalah kamar mandi dan kamar tidur.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved