Breaking News:

Kota Yogyakarta

Struktur APBD Kota Yogya 2021 Sudah Mengakomodir PPKM Darurat, Kecil Kemungkinan Realokasi

Pemkot Yogyakarta memastikan struktur APBD 2021 telah mengakomodir semua kebutuhan selama pandemi Covid-19.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Wakil Wali Kota Yogya, Heroe Poerwadi. 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memastikan struktur APBD 2021 telah mengakomodir semua kebutuhan selama pandemi Covid-19.

Sehingga, saat PPKM Darurat digulirkan pada 3-20 Juli, eksekutif pun tak perlu bersusah payah melakukan penyesuaian anggaran.

Kesiapan APBD 2021 sudah dibuktikan dengan tidak ada catatan krusial dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri.

Praktis, Kota Yogyakarta tidak masuk dalam rekomendasi untuk melakukan refokusing dan realokasi, ketika sejumlah daerah dituntut perencanaan ulang.

Baca juga: PPKM Darurat, Pemkot Yogya Segera Terapkan Random Check di Akses Masuk Menuju Wilayahnya

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, penyesuaian dengan situasi pandemi telah ditekankan dalam pembahasan APBD 2021, bersama kalangan legislatif.

Oleh sebab itu, pihaknya pun tinggal memfokuskan alokasi di sektor-sektor yang membutuhkan dukungan APBD.

"Sudah kami sesuaikan dengan kondisi pandemi. Artinya, APBD ini memang sejak awal diskenariokan untuk mengatasi dampak pandemi, baik menyangkut penanganan kesehatan, atau pemulihan ekonomi," katanya, Jumat (9/7/2021).

Hanya saja, ia tidak menampik, lonjakan kasus Covid-19 yang begitu signifikan, dan berujung penerpan PPKM Darurat sesuai kebijakan pemerintah pusat, berada di luar perkiraan Pemkot Yogyakarta.

Baca juga: Pemkot Yogya Gencar Lakukan Percepatan Vaksinasi Massal

Alhasil, jika benar-benar dibutuhkan, pihaknya pun siap melakukan realokasi anggaran.

"Ya, ini memang di luar perkiraan kita, akan terjadi kasus-kasus yang membesar seperti ini, karena terjadi begitu cepat dan terus meningkat. Meski dari sisi APBD, di kota dan DIY, maupun APBN, memang sejak awal diskenariokan untuk mengatasi dampak pandemi itu," ungkap Wawali.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved