Breaking News:

Yogyakarta

Polda DIY Gandeng FIP UNY Sediakan Juru Bicara Bahasa Isyarat, Dukung Keterbukaan Informasi Publik

Polda DIY berupaya untuk memenuhi kebutuhan difabel agar informasi juga bisa disampaikan dengan baik.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Menyongsong era keterbukaan informasi publik, Polda DIY bakal bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Kerja sama tersebut berkaitan dengan kebutuhan juru bicara bahasa isyarat untuk mewujudkan lingkungan Polda DIY yang inklusif.

“Keterbukaan informasi publik ini adalah hak semua orang, tidak terkecuali untuk orang yang memiliki keterbatasan fisik. Maka, kami, di beberapa konferensi pers, sudah menyediakan juru bicara bahasa isyarat,” ungkap Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto kepada Tribunjogja.com, Jumat (18/6/2021).

Dia menjelaskan, saat jumpa pers, ada keterbatasan informasi yang diterima oleh penyandang disabilitas lantaran disampaikan secara lisan.

Baca juga: Polda DIY Bentuk Tim Khusus untuk Pantau Berita Hoax di Media Sosial

Maka, pihaknya berupaya untuk memenuhi kebutuhan difabel agar informasi juga bisa disampaikan dengan baik.

“Kami lihat, di DIY ini ada kampus UNY yang memiliki pembelajaran bahasa isyarat. Maka, kami berupaya menjalin kerja sama,” bebernya lagi.

Dia tidak menampik, mungkin ke depan akan ada peluang FIP UNY untuk melatih personil Polda DIY agar mampu melakukan bahasa isyarat.

“Karena kegiatan konferensi pers ini sering bersifat dadakan, maka dimohon UNY untuk menyediakan tenaga sebagai juru bicara bahasa isyarat,” jelasnya.

Baca juga: UNY Terima 2.523 Calon Mahasiswa Baru Lewat Jalur SBMPTN 2021

Ketua Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNY, Dr Hermanto MPd menyampaikan pihaknya sudah siap untuk bersinergi dengan Polda DIY.

UNY sendiri menyongsong tri dharma perguruan tinggi, dimana salah satunya adalah mengabdi kepada masyarakat.

Sehingga, kerja sama dengan Polda DIY ini menjadi cara kampus untuk mengabdi.

“Kami siap membantu Polda DIY untuk menyediakan juru bicara bahasa isyarat. Ini agar informasi yang disampaikan juga bisa diterima dengan baik oleh penyandang disabilitas,” tambahnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved