Breaking News:

Wabah Virus Corona

GEJALA Varian Baru Virus Corona Delta yang Harus Anda Ketahui, Beda dengan COVID-19 Sebelumnya

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, varian tersebut telah terdeteksi di lebih dari 80 negara dan terus bermutasi saat menyebar.

Editor: Rina Eviana
Shutterstock
Ilustrasi COVID-19 varian delta 

Tribunjogja.com - Setelah sempat melandai, dunia kini digempur kasus baru COVID-19 lagi. Termasuk di Indonesia.

Dalam beberapa hari terakhir, kasus baru COVID-19 kembali naik. Sejumlah fasilitas kesehatan di beberapa daerah termasuk Jakarta mulai penuh pasien baru COVID-19.

Kasus Virus Corona yang kini dihadapi semakin rumit. Muncul banyak varian hasil mutasi virus corona belakangan.

Varian baru virus corona yang ditemukan di Inggris memiliki mutasi pada bagian receptor-binding domain, yang digunakan virus untuk menginfeksi sel tubuh manusia.
Varian baru virus corona yang ditemukan di Inggris memiliki mutasi pada bagian receptor-binding domain, yang digunakan virus untuk menginfeksi sel tubuh manusia. (GETTY IMAGES via BBC INDONESIA)

Satu di antaranya adalah Varian Delta COVID-19 yang awalnya ditemukan di India kini menyebar ke seluruh dunia, bahkan menjadi strain dominan di beberapa negara, seperti Inggris, dan kemungkinan juga di negara lain.

Pada Rabu (16/6/2021), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, varian tersebut telah terdeteksi di lebih dari 80 negara dan terus bermutasi saat menyebar.

Penelitian telah menunjukkan varian Delta ini bahkan lebih menular daripada varian lainnya.

Ilmuwan telah memperingatkan bahwa data menunjukkan, varian Delta sekitar 60 persen lebih menular daripada varian Alpha, yang sebelumnya dikenal sebagai varian Inggris, sehingga menyebabkan peningkatan kebutuhan rawat inap.

Pejabat WHO mengatakan, ada laporan bahwa varian Delta juga menyebabkan gejala yang lebih parah, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi kesimpulan tersebut.

Meski demikian, ada tanda-tanda bahwa varian Delta dapat memicu gejala yang berbeda dari gejala COVID-19 yang sering muncul sebelumnya.

Gejala varian Delta yang harus diperhatikan

Ilustrasi
Ilustrasi (dok.istimewa)
Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved