Breaking News:

Pilpres 2024

Tiga Sosok King Maker dan Queen Maker Pilpres 2024 Menurut Peneliti LSI Denny JA

Tiga Sosok King Maker dan Queen Maker Pilpres 2024 Menurut Peneliti LSI Denny JA

Editor: Hari Susmayanti
Dokumentasi PDI-P
Megawati dan Prabowo bertemu didampingi Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Kepala BIN Budi Gunawan, Puan Maharani, dan Seskab Pramono Anung 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Pelaksanaan pemilihan presiden dan wakil presiden masih cukup lama yakni pada 2024 mendatang.

Namun saat ini, sejumlah tokoh sudah masuk dalam kandidat calon presiden maupun wakil presiden pada Pilpres 2024.

Setidaknya saat ini ada tiga sosok yang bisa menjadi king maker atau queen maker dalam Pilpres 2024 mendatang.

Ketiganya yakni Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby beralasan, PDI-P, Gerindra, dan Golkar memiliki perolehan suara yang cukup besar sebagai modal untuk mengusung calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024.

"Mengapa ada tiga tokoh ini yang kita sebut sebagai king atau queen maker 2024, karena pertama mereka sudah kantongi minimal 3/4 tiket atau tiket penuh," kata Adjie dalam konferensi pers, Kamis (17/6/2021).

Adjie menyampaikan, berdasarkan aturan perundang-undangan, syarat pencalonan presiden memiliki 20 persen kursi di DPR atau setara dengan 115 kursi.

Dengan syarat tersebut, PDI-P yang memiliki 128 kursi di parlemen dapat mengusung capres dan cawapresnya sendiri, sedangkan Golkar dan Gerindra yang masing-masing memiliki 85 dan 78 kursi hanya perlu berkoalisi dengan satu partai untuk dapat mengusung calon presiden.

Baca juga: Penjelasan Sekjen PDIP Soal Rekaman Bambang Pacul Tentang Peluang Puan Maharani di Pilpres 2024

Baca juga: Pilpres 2024, PKB Ingin Buat Poros Harapan Baru, Duet Cak Imin-AYH jadi Salah Satu Kandidatnya

Adjie juga mengatakan, Megawati sebagai queen maker diprediksi tidak akan mencalonkan diri sebagai calon presiden atau wakil presiden pada Pilpres 2024.

"Kita lihat queen maker Megawati Soekarnoputri saat ini kita lihat kecenderungannya adalah cenderung menjadi tokoh bangsa atau ibu bangsa, artinya kecil kemungkinan atau tidak terlihat intensi dari Ibu Mega untuk maju sebagai capres ataupun cawapres lagi," kata Adjie.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved