Breaking News:

Sinergi Biro Tata Pemerintahan Setda DIY Bersama Pemkab Kulon Progo Untuk Merawat Pak Sujalman

Biro Tata Pemerintahan Setda DIY menindaklanjuti informasi yang viral di media sosial.

Istimewa
Bantuan untuk Pak Sujalman 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Biro Tata Pemerintahan Setda DIY menindaklanjuti informasi yang viral di media sosial perihal kondisi seorang pria lanjut usia, Sujalman, melalui koordinasi dengan Pemerintah Kalurahan Pagerharjo, Kulon Progo, Senin (7/6/2021) kemarin.

Sujalman yang tinggal di Pedukuhan Separang, Kalurahan Pagerharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, diberitakan sakit kanker kulit dan tinggal di rumah sederhana dengan lantai tanah. Bahkan jika hujan, air masuk ke rumah karena genteng bocor.

Informasi dari Pemerintah Kalurahan Pagerharho, Sujalman benar dalam kondisi sakit yang lukanya menyebar di kaki sebelah kiri.

Sujalman sudah berobat ke beberapa rumah sakit, bahkan sampai ke Jakarta, namun luka kakinya belum menunjukkan kondisi membaik.

Kemudian diklarifikasi juga bahwa rumah Sujalman dalam kondisi masih layak huni, dengan ruang tamu berbentuk limasan yang sudah bertegel.

Luka Sujalman dirawat oleh istrinya, dan untuk mobilisasi ke rumah sakit, Sujalman diantar oleh anaknya yang tinggal dalam satu kalurahan.

Atas informasi dari Kalurahan Pagerharjo tersebut, KPH. H. Yudanegara, Ph.D, Kepala Bagian Bina Pemerintahan Kalurahan/Kelurahan dan Kapanewon/Kemantren, berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan DIY dan BPD DIY.

Informasi dari Dinas Kesehatan DIY, bahwa Kartu Indonesia Sehat atas nama Sujalman masih aktif, sehingga dapat mendukung upaya medis pengobatan. Di samping itu, dari BPD DIY akan membantu perbaikan toilet rumah.

Berdasarkan sejumlah informasi di atas, Biro Tata Pemerintahan Setda DIY bergerak menghubungi Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk membantu Sujalman.

Dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, disediakan bantuan kursi roda, sembako dan alat masak secukupnya yang diberikan langsung oleh Wakil Bupati Kulon Progo saat kunjungan lapangan ke rumah kediaman Sujalman, bersama Biro Tata Pemerintahan Setda DIY, Dinas Kesehatan DIY, dan BPD DIY pada Rabu (9/6/2021).

Wakil Bupati Kulon Progo, Fajar Gegana
mengatakan, bahwa informasi yang viral di media sosial mengenai Sujalman tidak semuanya benar, dan memerlukan klarifikasi lapangan sebelum diunggah.

Mengenai kondisi kesehatan Sujalman, Wakil Bupati Kulon Progo menyampaikan perlunya perawatan medis lanjutan. “Pak Sujalman akan kami rujuk ke rumah sakit”, ujar Fajar Gegana.

Kemudian Kanjeng Yudanegara menyampaikan rasa syukur, bahwa sinergi antara Pemerintah Daerah DIY, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, dan BPD DIY setidaknya mampu meringankan beban Pak Sujalman.

“Biro Tata Pemerintahan Setda DIY sesuai tugas dan fungsinya untuk melakukan koordinasi, pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan kalurahan, harapannya dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Pemerintah Kalurahan untuk mengatasi persoalan-persoalan yang muncul di lapangan”, tambah Kanjeng Yudanegara. (rls)

Editor: ribut raharjo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved