Breaking News:

Jawa

BPBD Klaten Ajukan Status Tanggap Darurat Kekeringan 1 Juli hingga 31 Oktober 2021

BPBD Klaten mengantisipasi timbulnya bencana hidrometeorologi yang berkaitan dengan kekeringan, kesulitan air bersih hingga ancaman kebakaran lahan.

TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Kepala BPBD Klaten, Sip Anwar saat ditemui Tribunjogja.com di Pemkab Klaten, Kamis (10/6/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten mengajukan status tanggap darurat kekeringan musim kemarau di Klaten mulai 1 Juli hingga 31 Oktober 2021.

Hal itu disiapkan oleh BPBD Klaten guna mengantisipasi timbulnya bencana hidrometeorologi yang berkaitan dengan kekeringan, kesulitan air bersih hingga ancaman kebakaran lahan pada musim kemarau tahun ini.

"Status tanggap darurat kekeringan di Klaten itu kita usulkan ke ibu Bupati pada 1 Juli hingga 31 Oktober," ujar Kepala BPBD Klaten, Sip Anwar saat Tribunjogja.com temui di Pemkab Klaten, Kamis (10/6/2021).

Menurut Sip Anwar, pada musim kemarau di Klaten, terdapat sejumlah daerah yang berpotensi mengalami kekeringan hingga kebakaran lahan.

Beberapa di antaranya adalah wilayah Kecamatan Kemalang, Karangnongko, Manisrenggo, Jatinom, Bayat, Karangdowo, Pedan, Juwiring hingga Gantiwarno.

Baca juga: BMKG Perkirakan Puncak Musim Kemarau di Klaten pada Agustus Mendatang

Ia pun mengaku, telah berkoordinasi dengan BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Jawa Tengah untuk memberikan gambaran terkait musim kemarau tahun 2021 ini.

"Harapan kami dengan koordinasi dengan BMKG, dapat memberikan gambaran musim kemarau sampai kapan dan puncaknya kapan sehingga ada kesamaan persepsi dari OPD, masyarakat, dan relawan," imbuh dia.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Klaten, Sri Yuwana Haris Yulianta mengatakan jika pada musim kemarau tahun 2021 ini pihaknya menyiapkan 750 tangki air bersih untuk mengatasi kekeringan dan kesulitan air bersih.

"750 tangki air bersih itu senilai Rp241 juta untuk," ujar Haris.

Ia mengatakan, hingga saat ini, pihaknya sudah menyalurkan 27 tangki air bersih kepada Desa Tegalmulyo dan Sidorejo yang masuk Kecamatan Kemalang, lereng Gunung Merapi Klaten.

Halaman
123
Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved