Breaking News:

Jawa

BMKG Perkirakan Puncak Musim Kemarau di Klaten pada Agustus Mendatang

Musim kemarau di Kabupaten Bersinar ini diperkirakan akan berlangsung hingga Oktober 2021 mendatang.

TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Koordinator Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Jawa Tengah, Iis Widya Harmoko saat ditemui di Pemkab Klaten, Kamis (10/6/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Semarang, Jawa Tengah memperkirakan jika musim kemarau di Kabupaten Klaten bakal memasuki masa puncak pada Agustus mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Iis Widya Harmoko saat ditemui seusai menggelar rapat koordinasi dengan BPBD Klaten dan stakeholder terkait di Pemkab Klaten, Kamis (10/6/2021).

"Untuk prakiraan musim kemarau ini, perlu kami sampaikan dahulu bahwa puncak musim kemarau di Klaten prakiraan kami akan masuk pada bulan Agustus," ujarnya saat ditemui Tribunjogja.com.

Kemudian, lanjut Iis Widya, sesuai dengan data cuaca yang ia terima dalam 10 hari sekali, Kabupaten Klaten pada awal Juni 2021 ini sudah memasuki musim kemarau.

Baca juga: Mengenal Sartono, Pematung Tunanetra Asal Klaten, Buat Karya dengan Cara Meraba

Musim kemarau di Kabupaten Bersinar ini diperkirakan akan berlangsung hingga Oktober 2021 mendatang.

Meski demikian, pada musim kemarau kali ini akan terdapat curah hujan yang turun seperti pada kemarau periode sebelumnya.

Hanya saja, Iis Widya memperkirakan jika curah hujan di musim kemarau tahun ini tidak sebanyak tahun 2020 dan tidak sejarang tahun 2019.

"Sampai saat ini masih terdapat beberapa variasi cuaca dan kurang lebih kemarau tahun ini hampir sama pada tahun lalu, tapi tidak sebasah tahun 2020 dan tidak sekering 2019," jelasnya.

Kemudian, ia meminta masyarakat Klaten untuk mengantisipasi munculnya potensi bencana hidrometeorologi yang berkaitan dengan musim kemarau seperti kekeringan, kekurangan air bersih hingga kebakaran lahan dan lainnya. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved