Breaking News:

Jawa

Pasar Basin Klaten Ditutup Tiga Hari, Begini Penjelasan Satgas COVID-19 Kebonarum

Penutupan tersebut guna melakukan mitigasi COVID-19 setelah adanya satu pedagang daging di pasar itu yang reaktif COVID-19.

TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Ketua Satgas PP COVID-19 Kebonarum, Mudzakir saat ditemui di Kantor Camat Kebonarum, Rabu (9/6/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Pengendalian COVID-19  Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Mudzakir membenarkan jika Pasar Basin yang berada di Desa Basin kecamatan tersebut ditutup selama tiga hari.

Direncanakan penutupan dimulai pada Kamis (10/6/2021) hingga Sabtu (12/6/2021) mendatang.

Menurutnya, penutupan tersebut guna melakukan mitigasi COVID-19 setelah adanya satu pedagang daging di pasar itu yang reaktif COVID-19 setelah menjalani tes rapid antigen.

"Penutupan ini karena tadi pagi ada kabar kalau pedagang reaktif setelah jalani tes rapid antigen dan saat ini pedagang masih dirawat di rumah sakit," ujarnya saat Tribunjogja.com temui di kantornya, Rabu (9/6/2021).

Baca juga: Ada Pedagang Reaktif COVID-19, Pasar Basin Klaten Ditutup Tiga Hari

Ia mengatakan, penutupan pasar tersebut pihaknya yang juga menjabat sebagai Camat Kebonarum  itu telah berkoordinasi dengan kepolisian dan desa hingga pedagang setempat untuk melakukan pencegahan.

"Meski hasil tes Swab PCR dari pedagang itu belum keluar, tapi antigennya kan reaktif jadi kita tutup dulu untuk kehati-hatian," jelasnya.

Menurutnya, pedagang tersebut sebelum dilaporkan reaktif COVID-19 sempat pergi ke daerah Yogyakarta pada Minggu (6/6/2021).

Kemudian, pada Senin (7/6/2021) tetap berjualan di pasar tersebut.

Namun pedagang daging itu sempat mengeluhkan sakit pada Senin pagi dan akhirnya menutup jualan pada senin siang.

Baca juga: Kasus COVID-19 Meningkat, Warga Klaten yang Tak Disiplin Isoman bakal Dipindah ke Isolasi Terpusat

"Pada selasa pedagang ini menjalani tes rapid antigen di rumah sakit dan reaktif hingga akhirnya rabu ini kita rapat dengan pihak terkait dan putuskan demi keamanan bersama, pasar kita tutup selama tiga hari," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved