Breaking News:

Kasus COVID-19 Meningkat, Warga Klaten yang Tak Disiplin Isoman bakal Dipindah ke Isolasi Terpusat

Kasus aktif COVID-19 di Kabupaten Klaten kembali naik dalam dua hari terakhir. Satuan Tugas (Satgas) PP COVID-19 Klaten mengidentifikasi jika terjadi

istimewa
Berita Update Covid-19 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Kasus aktif COVID-19 di Kabupaten Klaten kembali naik dalam dua hari terakhir.

Satuan Tugas (Satgas) PP COVID-19 Klaten mengidentifikasi jika terjadinya lonjakan kasus aktif COVID-19 di daerah itu, bersumber dari kontak erat dan transmisi lokal.

"Memang dua hari terakhir terjadi peningkatan, dari kajian kita paling banyak kontak erat dan transmisi lokal," ujar Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP COVID-19 Klaten, Cahyono Widodo saat Tribun Jogja temui di Pemkab Klaten, Senin (7/6/2021).

Baca juga: UPDATE Covid-19 Kabupaten Magelang: Tambah 9 Kasus, 43 Pasien Sembuh, dan 1 Orang Meninggal

Ia mengatakan, peningkatan kasus tersebut juga bersumber dari kelompok-kelompok keluarga. Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat untuk terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan COVID-19.

"Peningkatan saat ini ada 505 ya kasus aktif COVID-19 saat ini. Dibanding hari-hari terakhir cukup tinggi," katanya.

Sementara itu, Tim Ahli Satgas PP COVID-19 Klaten, Ronny Roekmito membenarkan adanya penaikan kasus COVID-19 di Klaten.

"Semalam sudah diinstruksikan oleh Ibu Bupati pada semua Camat bahwa kenaikan kali ini dikarenakan transmisi lokal karena tidak patuh pada prokes," katanya.

Kemudian, warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah juga ditenggarai tidak patuh dan displin dalam menjalani isolasi.

"Ini sudah diinstruksikan bahwa kalau dalam pengawasan isolasi mandiri mereka tidak taat, maka kita akan ambil dan masukan dalam isolasi terpusat," jelasnya.

Namun, katanya sejauh ini Satgas PP COVID-19 Klaten belum ada mengambil atau memindahkan warga yang dinilai tidak disiplin saat menjalani isolasi mandiri.

Ia mengatakan, kenaikan kasus COVID-19 di Klaten terjadi sejak, Jumat 4 Juni 2021.

Baca juga: UPDATE Covid-19 DI Yogyakarta 7 Juni 2021: Tambah 253 Kasus, 6 Pasien Dilaporkan Meninggal

Pada awalnya, lanjut Ronny, kenaikan kasus 30 orang per hari.

"Pada minggu ini kenaikkannya  cukup signifikan dan setelah kita kaji penyebabnya di kontak erat, terutama di klaster keluarga," imbuhnya.

Ia pun mengimbau warga untuk tetap disiplin menjaga kesehatan dan selalu menerapkan hidup sehar sesuai prokes COVID-19(Mur)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Kurniatul Hidayah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved