Breaking News:

Soal Kuota Haji untuk Jemaah Indonesia, Ini Penjelasan Menteri Agama RI

Menag Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, sampai saat ini belum ada negara yang sudah mendapat kepastian soal kuota ibadah haji 1442 H

Editor: Muhammad Fatoni
Kementerian Media Saudi / AFP
Sebuah gambar selebaran yang disediakan oleh Kementerian Media Saudi pada 31 Juli 2020 menunjukkan para jamaah yang berkeliling di sekitar Ka'bah, tempat suci paling suci di Masjidil Haram di kota suci Saudi, Mekah. Jemaah haji Muslim berkumpul hari ini di Gunung Arafat Arab Saudi untuk klimaks haji tahun ini, yang terkecil di zaman modern dan kontras dengan kerumunan besar tahun-tahun sebelumnya. 

TRIBUNJOGJA.COM - Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas, memberikan penjelasan terkait jatah kuota calon jemaah haji  Indonesia.

Menurut Menag, hingga saat ini Arab Saudi selaku tuan rumah sekaligus penyelenggara ibadah haji belum secara resmi mengumumkan terkait kuota calon jemaah haji.

Sebelumnya memang sempat diberitakan bahwa Indonesia tak mendapat jatah kuota untuk ibadah haji tahun ini.

Namun, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, sampai saat ini belum ada negara yang sudah mendapat kepastian soal kuota ibadah haji 1442 Hijriah/2021 Masehi.

Baca juga: Indonesia Dikabarkan Tak Dapat Kuota Haji 2021, Ini Alasannya

Baca juga: Arab Saudi Izinkan Pelaksanaan Ibadah Haji 2021, Berikut Jumlah Kuota dan Persyaratannya

Menurut Yaqut, Pemerintah Arab Saudi belum mengumumkan kepastian soal terbukanya penyelenggaraan ibadah haji untuk warga negara asing beserta kuotanya.

"Tidak ada satu pun negara di dunia ini yang memiliki misi haji, yang sekarang sudah dapat kuota haji. Karena kuota haji itu tergantung pada Pemerintah Saudi," kata Yaqut seperti dikutip dari Kompas TV, Rabu (2/6/2021).

Yaqut pun meminta semua pihak untuk menunggu pengumuman resmi soal pelaksanaan haji dari Pemerintah Arab Saudi.

Kendati demikian, Pemerintah Indonesia juga akan bersikap apakah akan memberangkatkan jemaah haji atau tidak.

"Kalau soal keputusan apakah Indonesia akan memberangkat haji apa tidak, kita tunggu. Satu dua hari ini akan ada keputusan," ujarnya.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Dok.Humas Kemenag RI)

Sebelumnya, Yaqut mengatakan, batas waktu penutupan bandara Arab Saudi yakni pada 14 Juli 2021.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved