Breaking News:

Kemenag Kota Magelang Masih Tunggu Instruksi Pusat Terkait Pelaksanaan Ibadah Haji 2021

Kementerian  Agama (Kemenag) Kota Magelang masih menunggu tindak lanjut dari pemerintah pusat terkait pelaksanaan ibadah haji 2021.

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Kurniatul Hidayah
Kementerian Media Saudi / AFP
Sebuah gambar selebaran yang disediakan oleh Kementerian Media Saudi pada 31 Juli 2020 menunjukkan para jamaah yang berkeliling di sekitar Ka'bah, tempat suci paling suci di Masjidil Haram di kota suci Saudi, Mekah. Jemaah haji Muslim berkumpul hari ini di Gunung Arafat Arab Saudi untuk klimaks haji tahun ini, yang terkecil di zaman modern dan kontras dengan kerumunan besar tahun-tahun sebelumnya. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Kementerian  Agama (Kemenag) Kota Magelang masih menunggu tindak lanjut dari pemerintah pusat terkait pelaksanaan ibadah haji 2021.

Kepala Seksi Penyelenggaran Haji dan Umrah Kemenag Kota Magelang, Taufik Husen Ansori menuturkan, pihaknya masih menunggu peryataan resmi dari pemerintah atas dibukanya kembali pelaksanaan ibadah haji oleh pemerintah Arab Saudi.

"Kalau untuk pastinya kami belum mendapatkan informasinya, akankah bisa melaksanakan ibadah haji atau tidak. Karena, saat ini pemerintah juga masih melakukan negosiasi terkait hal itu," jelasnya kepada Tribun Jogja, pada Senin (10/05/2021).

Baca juga: Pemkot Magelang Resmikan Layanan Jemput Sakit Antar Sehat dan PCC 199

Namun meskipun begitu, persiapan ibadah haji secara teknis di Kota Magelang sudah dilaksanakan jauh hari.

Mulai dari urusan tempat tinggal hingga visa para jemaah yang sudah terdaftar sudah disiapkan.

"Dari Kota Magelang sendiri, ada 134 jemaah yang sudah terdaftar pada haji tahun ini. Semua persiapan secara teknis sudah dilakukan, sehingga apabila sewaktu-waktu Pemerintah Arab Saudi mengizinkan warga negara Indonesia untuk beribadah ke sana, maka tidak terburu-buru," ujarnya.

Ia pun menambahkan,  pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada para jemaah agar tetap sabar sembari menunggu pengumuman resmi dari pemerintah Arab Saudi.

Baca juga: Azzaryan Pradhitya dan Ali Mustofa Masih Diragukan Tampil di Babak Playoff IBL 2021

Begitupun, sosialisasi juga dilakukan kepada para calon jemaah yang hendak berangkat umrah.

"Sekarang, jemaah sudah lebih legowo, lebih menerima. Dan, tidak ada satu pun yang mengundurkan diri atau mengambil kembali uangnya. Karena, memang kondisinya yang tidak menentu, akibat pandemi ini," pungkasnya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved