Breaking News:

Pilpres 2024

Sinyal PDIP dan Gerindra Berkoalisi Mulai Muncul, Akankah Usung Prabowo Subianto di Pilpres 2024?

Sinyal PDIP dan Gerindra Berkoalisi Mulai Muncul, Akankah Usung Prabowo Subianto di Pilpres 2024?

Editor: Hari Susmayanti
DOK
Prabowo Subianto - Puan Maharani 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Sejumlah partai politik mulai bersiap-siap untuk menyambut pemilihan presiden (PIlpres) 2024 mendatang.

Partai-partai besar mulai memberikan sinyal terhadap kandidat yang akan diusung sekaligus mitra koalisi untuk menghadapi pilpres nanti.

Sinyal koalisi untuk Pilpres 2024 pun sudah ditunjukan oleh PDI Perjuangan dan Partai Gerindra.

Partai yang dibesut oleh Megawati Soekarno Putri dan Prabowo Subianto ini membuka peluang untuk mengusung Menhankam yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di pilres 2024.

Wacana koalisi dua partai yang pernah bersama pada Pemilihan Presiden 2009 itu pertama kali disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani.

"Hubungan kita yang baik dengan PDI-P, saudara-saudara semua tahu. Sejak beliau belum ditetapkan Menhan sampai sekarang, baik, tidak ada masalah,” kata Muzani, Kamis (27/5/2021), dikutip dari kompas.tv.

“Itu jadi kemungkinan adanya peluang untuk dimungkinkannya Pak Prabowo maju bersama PDI Perjuangan,” kata dia.

Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto pun memberi lampu hijau atas kemungkinan koalisi PDI-P dan Gerindra.

"Kami membuka diri, pernyataan dari Mas Muzani mungkin karena melihat bagaimana kedekatan hubungan antara Pak Prabowo dengan Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Hasto dalam sebuah diskusi yang digelar PARA Syndicate, Jumat (28/5/2021).

Kendati demikian, Hasto menyebut, potensi koalisi antara PDI-P dan Gerindra tidak berkaitan dengan perjanjian "batu tulis" yang dibuat ketika kedua partai mengusung Megawati-Prabowo sebagai pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2009.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved