Breaking News:

Tol Yogya Solo

Sekitar 250 Meter Persegi Lahan Universitas Amikom Terdampak Tol Yogya-Solo

Universitas Amikom Yogyakarta menjadi salah satu perguruan tinggi (PT) yang akan terdampak Tol Yogya-Solo. Kampus tersebut terletak di Jalan Ring Road

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
Jasa Marga
ILUSTRASI - Proyek Tol Yogyakarta-Bawen-Solo 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Universitas Amikom Yogyakarta menjadi salah satu perguruan tinggi (PT) yang akan terdampak Tol Yogya-Solo.

Kampus tersebut terletak di Jalan Ring Road Utara, Condongcatur, Depok, Sleman. Sehingga, muka kampus langsung menghadap ke jalan besar.

“Kira-kira, ada 250 meter persegi lahan kami yang terdampak Jalan Tol Yogya-Solo,” kata Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Prof Dr M Suyanto MM kepada Tribun Jogja, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: Insiden di Alun-alun Utara, Damkar Kota Yogyakarta Minta Warga Waspada Potensi Kebakaran Lahan

Artinya, muka kampus universitas tersebut akan bersinggungan dengan jalan tol.

Meski begitu, menurutnya, tidak ada fasilitas yang digusur karena di bagian depan memang tiada fasilitas kegiatan belajar mengajar.

Apalagi gedung Universitas Amikom Yogyakarta agak masuk ke dalam dan memiliki luasan yang cukup antara gedung dan gerbang.

Suyanto juga sempat mengatakan, dengan adanya tol yang lewat di depan kampus, masyarakat bisa melihat secara langsung tulisan Universitas Amikom Yogyakarta.

“Lahan kampus yang akan dibangun jalan tol juga menjadi wujud komitmen kami untuk mementingkan masyarakat. Artinya kami tidak mementingkan diri sendiri,” tandasnya.

Selain Amikom, adapula gedung kampus Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta (UPNVY) dan Stikes Guna Bangsa yang ikut terdampak tol.

Baca juga: Pemkab Sleman Resmikan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri, Warga Urus Adminduk Jadi Lebih Mudah

Sementara, luasan lahan UPNVY yang terdampak Jalan Tol Yogya-Solo adalah sekitar 3000 meter persegi.

UPNVY bakal memindahkan sejumlah fasilitas seperti ruang resimen mahasiswa (menwa), Anjungan Tunai Mandiri (ATM), patung hingga pos satpam. (ard)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved