Breaking News:

Insiden di Alun-alun Utara, Damkar Kota Yogyakarta Minta Warga Waspada Potensi Kebakaran Lahan

Insiden terbakarnya rumput Alun-alun Utara, Kota Yogyakarta, Selasa (25/5/2021) siang, diharapkan bisa menjadi pelajaran bagi masyarakat, agar

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
Dokumentasi Damkar Kota Yogya
Petugas Damkar Kota Yogya berupaya memadamkan api yang membakar rumput Alun-alun Utara, Selasa (25/5/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Insiden terbakarnya rumput Alun-alun Utara, Kota Yogyakarta, Selasa (25/5/2021) siang, diharapkan bisa menjadi pelajaran bagi masyarakat, agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan di musim kemarau ini.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta, Octo Noor Arafat mengatakan dalam kurun waktu sekira dua pekan terakhir, pihaknya menerima dua laporan warga, menganai insiden kebakaran lahan.

"Sekarang ini harus menjadi kewaspadaan kita semua ya, kaitannya dengan kebakaran lahan. Ada beberapa kejadian, dalam dua pekan terakhir," katanya, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: Pemkab Sleman Resmikan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri, Warga Urus Adminduk Jadi Lebih Mudah

Baca juga: Kebakaran Rumput di Alun-alun Utara Kota Yogyakarta Pertama Kali Diketahui Oleh Wisatawan

Sama halnya dengan kondisi di Alun-alun Utara, sebagian besar lahan milik masyarakat saat ini juga mulai ditumbuhi rumput-rumput kering yang mudah terbakar.

Sehingga, prinsip kehati-hatian warga pun harus ditingkatkan.

"Benar-benar kering (rumput di Alun-alun Utara) tadi itu memang. Ini jadi edukasi juga untuk masyarakat, terkait kewaspadaan di musim kemarau, ya," tandasnya.

"Apakah karena pembakaran sampah yang tidak terawasi, atau pembuangan puntung rokok secara sembarangan, semacam itu kan sangat berbahaya, rawan berakibat kebakaran di musim kemarau," imbuh Octo. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved