Breaking News:

Penataan Rawa Jombor Klaten, Mulai dari Pembangunan Dermaga, Pedestrian hingga Plaza Kuliner

Obyek wisata Rawa Jombor yang berada di Desa Krakitan Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah bakal ditata agar terlihat lebih rapi dan menarik

TRIBUNJOGJA/ Almurfi Syofyan
Penampakan Rawa Jombor, Klaten dilihat dari Bukit Sidoguro yang berada di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Obyek wisata Rawa Jombor yang berada di Desa Krakitan Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah bakal ditata agar terlihat lebih rapi dan menarik.

Penataan Rawa Jombor tersebut melibatkan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo.

Baca juga: Epidemiolog UGM: Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Tingkatkan Tes Covid-19, Termasuk Kapasitas Lab

Kepala Dinas Pariwisata Budaya dan Pemuda Olahraga (Disparbudpora) Klaten Sri Nugroho mengatakan jika terdapat sejumlah penataan di obyek wisata Rawa Jombor tersebut.

Beberapa di antaranya pembuatan pedestrian dan talud keliling rawa hingga pengerukan sendimen rawa.

"Pembuatan pedestrian dan talud keliling rowo jombor dengan anggaran 50 miliar dari kementerian PUPR yang dikerjakan BBWS," ujarnya pada Tribun Jogja, Kamis (20/5/2021).

Selain itu, lanjutnya, untuk menunjang operasional  wisata kapal di destinasi itu, pada tahun 2021 ini, si Rawa Jombor juga bakal dibuat dermaga di sisi timur dan barat.

"Pembangunan itu juga dari BBWS," ucapnya.

Kemudian, untuk pembangunan lanjutan Plaza Kuliner di Rawa Jombor juga bakal dilanjutkan pada tahun 2021 ini.

"Pembangunan plaza kuliner sekitar 6 miliar, itu lanjutan total sekitar 13 miliar dari APBD Jateng," jelasnya.

Baca juga: Sudah Ada Rekomendasi, Dinkes Gunungkidul Pastikan Vaksin AstraZeneca Aman

Ia menjelaskan, sebelum adanya penataan bakal dilakukan sosialiasi bagi seluruh pedagang yang ada di rawa itu agar memahami maksud dan tujuan penataan tersebut.

Sebelumnya, Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan, sebagai pemerintah daerah, pihaknya sangat mengapresiasi adanya penataan di kawasan Rawa Jombor tersebut.

"Rowo Jombor ini kan ada di Klaten, tapi kepemilikannya itu kan punya provinsi namun kewenangannya itu ada di BBWS, nah tahun ini akan segera ada kegiatan penataan kawasan Rawa Jombor, kami apresiasi," ujarnya. (Mur)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved