Pasca Libur Idulfitri 2021, Volume Sampah di Bantul Meningkat 10 Ton

Volume sampah di Kabupaten Bantul meningkat pasca libur Idulfitri. Peningkatan diperkirakan mencapai 10 ton per hari. 

TRIBUNJOGJA.COM / Nanda Sagita Ginting
ILUSTRASI Suasana TPST Piyungan pada Jumat (18/12/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Volume sampah di Kabupaten Bantul meningkat pasca libur Idulfitri. Peningkatan diperkirakan mencapai 10 ton per hari. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul, Ari Budi Nugroho mengatakan jika volume sampah di Kabupaten Bantul sekitar 90 ton per hari, maka setelah libur Idulfitri sampah meningkat menjadi 100 ton per hari. Peningkatan kata dia, terjadi di wilayah perkotaan. 

Baca juga: Pedagang di Pasar Beringharjo Bersemangat Usai Mengikuti Gerakan Indonesia Raya Bergema

"Karena ada peningkatan kegiatan masyarakat, ada juga yang mungkin mudik. Jadi memang sampah di perkotaan relatif meningkat, terutama sampah rumah tangga," katanya, Kamis (20/05/2021).

Tak hanya di wilayah perkotaan, peningkatan volume sampah juga terjadi di obyek wisata, terutama di Pantai Parangtritis.

Ari menyebut peningkatan sampah di obyek wisata bisa mencapai 20 persen dibanding hari biasa.

Ari menyebut jika sampah di Parangtritis biasanya diangkut dua kali dalam sepekan dengan kendaraan roda tiga, saat ini pihaknya harus melakukan evakuasi.

Artinya DLH Bantul harus mengerahkan alat berat untuk mengangkut sampah.

"Peningkatan sampah justru paling banyak di obyek wisata. Karena selama liburan kan banyak wisatawan, yang tentunya juga ada peningkatan aktivitas. Wisatawan kan juga makan, minum. Jadi tentu ada peningkatan sampah," terangnya.

Baca juga: Pencanangan Gerakan Indonesia Raya Bergema Berlangsung Semarak

Ia menyebut jumlah volume sampah setiap tahunnya meningkat, baik itu sebelum pandemi maupun saat pandemi. 

"Sama saja, kalau logikanya mungkin saat pandemi ini turun, karena aktivitas masyarakat berkurang. Tetapi nyatanya sama saja, tetap ada penambahan. Layanan kita di perkotaan juga semakin tambah," lanjutnya.

Saat ini pihaknya sedang mengupayakan pengolahan sampah, agar sampah dibuang ke TPST Piyungan tidak banyak. Pihaknya juga berharap masyarakat berperan aktif dalam mengurangi sampah di rumah. (maw)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved