Breaking News:

Bisnis

Kolaborasi Gojek dan Tokopedia Jadi GoTo Diharapkan Mampu Naikkan Kelas UMKM

Pembentukan GoTo diharapkan mampu menciptakan integrasi layanan yang semakin efisien dan mempercepat penguatan bisnis di sektor UMKM.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Gaya Lufityanti
dok.istimewa/ tangkapan layar youtube Gojek Indonesia
Gojek dan Tokopedia resmi merger dan mengumumkan nama baru GoTo 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kolaborasi bisnis yang dilakukan oleh Gojek dan Tokopedia, melalui pembentukan GoTo diharapkan mampu menciptakan integrasi layanan yang semakin efisien dan mempercepat penguatan bisnis di sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Hanung Harimba mengatakan, sektor UMKM membutuhkan daya dukung yang kuat untuk dapat membuatnya naik kelas.

Dalam keterangan resmi yang diterima Tribunjogja.com, Rabu (19/5/2021), Hanung menjelaskan adanya integrasi sistem kedua perusahaan itu akan mengintegrasikan logistik hingga cara pembayaran dalam ekosistem yang sama.

Hanung melihat bahwa kombinasi bisnis yang terbentuk dalam GoTo Group merupakan tuntutan pasar dan tantangan persaingan yang bakal semakin ketat.

Baca juga: Sah! Gojek dan Tokopedia Resmi Merger jadi GoTo, Mitra Pengemudi Bisa Dapat Pendapatan Lebih Besar

Namun, langkah tersebut dinilainya justru bakal menguntungkan pelaku usaha kecil.

Hal ini lantaran proses digitalisasi menjadi semakin cepat sehingga perluasan pasar bagi pelaku usaha UMKM lebih mudah dilakukan.

“Konsolidasi ini memungkinkan adanya sharing data di dalam grup tersebut dan ini dapat memudahkan mereka jika mau membuat profiling UMKM dan membuat rating,” katanya.

Dengan data yang tersedia itu, GoTo dapat memanfaatkannya untuk membantu UMKM meningatkan kapasitas usahanya seiring meluasnya potensi pasar.

Cofounder UKM Indonesia Dewi Meisari Haryanti juga menyampaikan harapan agar kehadiran GoTo memudahkan UMKM untuk berkembang dalam banyak aspek.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved